visitaaponce.com

Uni Eropa Menetapkan Sanksi Baru pada Produsen Drone dan Rudal Iran

Uni Eropa Menetapkan Sanksi Baru pada Produsen Drone dan Rudal Iran
Pemimpin Uni Eropa sepakat untuk memberlakukan sanksi baru pada produsen drone dan rudal Iran sebagai tanggapan atas serangan Iran ke Israel(AFP)

PEMIMPIN-pemimpin Uni Eropa setuju memberlakukan sanksi baru pada produsen drone dan rudal Iran atas serangan akhir pekan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, kata kepala EU, Charles Michel.

"Kami telah memutuskan untuk memberlakukan sanksi terhadap Iran, ini adalah sinyal yang jelas bahwa kami ingin mengirimkan," kata presiden Dewan Eropa itu di sebuah pertemuan puncak UE di Brussels.

"Ideanya adalah untuk menargetkan perusahaan-perusahaan yang diperlukan untuk drone, untuk rudal."

Baca juga : UE Bersiap Memperluas Sanksi terhadap Iran Setelah Serangan terhadap Israel

Iran meluncurkan serangan drone dan rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya pada akhir pekan terhadap Israel, yang menyebabkan sedikit kerusakan setelah sebagian besar proyektil tersebut diintersep.

Serangan langsung pertama Tehran ke tanah Israel datang sebagai respons atas serangan mematikan terhadap konsulat Iran di Damaskus yang secara luas dituduh dilakukan Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya akan memutuskan cara merespons serangan Iran, sementara kekuatan global memanggil untuk menahan diri agar menghindari eskalasi.

Para pemimpin UE dalam pernyataan mereka dari pertemuan puncak tersebut mendesak "semua pihak untuk menunjukkan penahanan terbesar dan untuk menahan diri dari setiap tindakan yang dapat meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut."

UE telah memberlakukan sanksi terhadap Iran atas pasokan drone-nya kepada Rusia untuk perang di Ukraina, namun sanksi tersebut memiliki sedikit efek dalam memutuskan hubungan antara Tehran dan Moskow. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat