visitaaponce.com

Istri Terjerat Korupsi, PM Spanyol Pedro Sanchez Ajukan Cuti

Istri Terjerat Korupsi, PM Spanyol Pedro Sanchez Ajukan Cuti
PM Spanyol Pedro Sanchez mengambil cuti untuk menentukan nasib politiknya setelah istrinya Begona Gomez dituduh korupsi. (AFP)

PERDANA Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez mengambil cuti dari tugas publiknya, Senin (28/4). Alasannya, dia membutuhkan waktu untuk menentukan nasib politiknya setelah istrinya, Begona Gomez, dituduh korupsi.

“Saya perlu berhenti sejenak dan berpikir. Saya sangat membutuhkan jawaban atas pertanyaan apakah ini bermanfaat dengan terus memimpin pemerintahan atau meninggalkan kehormatan ini," ujarnya saat mengumumkan secara resmi perihal rencana cuti dari tugasnya.

Gomez, 49, tidak memegang jabatan publik dan politik. Dia dilaporkan serikat pekerja Manos Limpias, menggunakan posisinya untuk mempengaruhi kesepakatan bisnis.

Baca juga : Spanyol Segera Akui Negara Palestina

Manos Limpias atau tangan bersih dipimpin oleh seorang tokoh sayap kanan yaitu Miguel Bernad Remon. Kelompok tersebut menggunakan hak melaporkan kasus pidana meskipun tidak dirugikan secara langsung.

Pengadilan yang berbasis di Madrid akan mempertimbangkan tuduhan tersebut dan melanjutkan penyelidikan atau membatalkannya. Tidak ada informasi lebih lanjut, namun komisi yudisial Spanyol menyatakan laporan ini sudah masuk tahap penyelidikan.

Sanchez mengaku mempercayai independensi lembaga penegak hukum yang menangani kasus istrinya. Jawaban itu menanggapi anggota parlemen yang mempertanyakan penanganan kasus istrinya ini.

“Pada hari seperti hari ini dan setelah mendengar beritanya, terlepas dari segalanya, saya masih percaya pada sistem peradilan di negara ini,” ujarnya. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat