visitaaponce.com

14 Jenazah Covid-19 Dikremasi Secara Gratis di TPU Tegal Alur

14 Jenazah Covid-19 Dikremasi Secara Gratis di TPU Tegal Alur
Ilustrasi petugas dengan APD lengkap melakukan kremasi jenazah pasien covid-19.(Antara)

KETUA Umum Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh Sumbar Riau Andreas Sofiandi membenarkan bahwa TPU Tegal Alur sudah membuka fasilitas kremasi gratis untuk jenazah pasien covid-19. 

Setelah dibuka sejak Sabtu (24/7) kemarin, sejauh ini ada 14 jenazah pasien covid-19 yang dikremasi di wilayah TPU Tegal Alur.

“Kemarin Sabtu, sebanyak 7 jenazah yang dikremasi. Hari Minggu ini, akan dikremasi 7 jenazah (pasien covid-19),” ujar Andreas saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (25/7).

Baca juga: Anies: Vaksinasi Kurangi Risiko Sakit Akibat Covid-19

Andreas menjelaskan bahwa fasilitas krematorium telah dipasang di area TPU Tegal Alur umat Kristiani. Fasilitas gratis untuk jenazah covid-19 itu diharapkan bisa membantu umat Kristen yang ingin mengkremasi keluarganya dengan baik.

"Jadi masalah saat ini banyak kartel. Banyak orang cari kenikmatan sampai Rp80 juta, sampai Rp40 juta. Atas dasar itu, jadi saya pasang dulu di sini," imbuh Andreas.

Baca juga: Polisi Periksa 7 Saksi Terkait Kartel Kremasi di Jakarta

Pihaknya tidak melakukan pungutan apapun dan meminjamkan mesin krematorium kepada Pemprov DKI Jakarta. Mengingat, Pemprov DKI tidak mempunyai mesin tersebut. Langkah ini dikatakannya sebagai perhatian dan kepedulian di masa pandemi covid-19.

Di TPU Tegal Alur, terdapat satu alat krematorium dengan kapasitas kremasi hingga 6 jenazah dalam satu hari. Saat ini, fasilitas itu digunakan untuk mengkremasi jenazah pasien covid-19.

“Iya (gratis). Syaratnya nanti dimintakan surat keterangan meninggal dari rumah sakit bagi yang mau dikremasi. Kemudian, KTP jenazah dan KTP penanggung jawab. Apabila semua syarat terpenuhi, kami siap melayani," tandasnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat