visitaaponce.com

ICW Duga Timbunan Bansos di Depok Terkait Korupsi Juliari

ICW Duga Timbunan Bansos di Depok Terkait Korupsi Juliari
Kondisi barang diduga bansos presiden di Kawasan Kampung Serab, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat( ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

ANGGOTA Indonesia Corruption Watch (ICW) Dewi Anggraini menuturkan pihaknya menduga timbunan bansos yang ditemukan di Depok itu berkaitan dengan kasus korupsi mantan Menteri Sosial, Juliari Batubara.

"Temuan di Depok itu, aku menduganya masih terkait kasus Juliari, terkait bansos dari Kemensos yang tidak layak konsumsi. Karena memang pengadaannya dikorupsi kan," kata Dewi kepada Media Indonesia, Senin (1/8).

Dewi juga meminta agar seluruh pihak bisa transparan mengusut kasus ini. Perkara bansos, kata dia memang selalu ada masalah karena banyak pihak tidak mau transparan.

Sementara itu Inspektur Jendral Dadang Iskandar ketika ditanyai apakah temuan bansos itu berkaitan dengan kasus Juliari ia enggan menjawab.

Baca juga: Blokir Rekening ACT, Polri Sita Rp3 Miliar

Ia menyebut saat ini pihaknya hanya fokus menyelediki kasus timbunan bansos itu. "Kalo lihat proses kami melakukan audit, pengawasan, kami kan lakukan pengawasan mulai dari tahap perencanaan anggaran, sampai proses pengadaan sampai pelaporan.

Itu kan clear, gak ada masalah. Artinya dari sisi indeks biaya bantuannya sendiri menurut perencanaan kan sudah sesuai. Jenis barang apa saja, berapa indeksnya dirinci. Nah itu artinya yg dilakukan kemensos sudah pas menurut hasil pengawasan kami," terang Dadang.

"Tapi kan dalam pelaksanannya di lapangan oleh pihak vendor ini, karena ratusan vendor, akhirnya barangnya juga pada saat itu susah, kan terjadi fraud juga.

Yang dari hulu sampai hilir gak ada masalah sebenernya. Aman-aman saja. Mungkin itu," pungkas dia. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat