visitaaponce.com

Sandiaga Ajak Karang Taruna Jadi Juragan Lele di Depok

Sandiaga Ajak Karang Taruna Jadi Juragan Lele di Depok
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Sekda Kota Depok Supian Suri melepaskan ribuan bibit ikan Situ Bojongsari, Kota Depok, Sabtu (4/3/20(MI/Kisar Rajagukguk)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan bantuan berupa 10 ribu ekor bibit lele berikut ratusan kilogram pakan lele kepada Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri.

Dalam kesempatan itu Sandiaga meminta Supian Suri agar bibit lele serta pakan tersebut dibagikan kepada anak-anak muda yang tergabung dalam Kelompok Karang Taruna (KKT) di Bojongsari.

Sandiaga berharap, program ini dapat menambah penghasilan anak muda karang taruna. " Mudah-mudahan bisa meningkatkan ekonomi mereka," kata Menparekraf Sandiaga, di Bojongsari Sabtu (4/3).

Sandiaga menyampaikan bibit lele ini merupakan budidaya ikan yang dilengkapi dengan budidaya pakan. "Saya ingin mengajak anak-anak muda karang taruna untuk berjuang menyelamatkan perekonomian kita," kata dia.

Ia juga berharap warga bisa memiliki penghasilan tambahan dengan budidaya ikan lele dan juga nanti setelah dipanen bisa menjadi produk-produk olahan. "Saya optimistis bahwa program ini bisa menciptakan lapangan usaha dan peluang kerja baru sehingga membangkitkan ekonomi warga khususnya di Bojongsari," ujar Sandiaga.

Kunjungan menjelang Ramadan ini, kata Sandiaga, merupakan silaturahmi sekaligus juga meninjau Situ Bojongsari untuk dijadikan destinasi wisata. "Situ Bojongsari ini kedepan akan dikembangkan sebagai destinasi wisata untuk pelancong dalam kota dan daerah lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri yang mendampingi Sandiaga mengatakan kawasan Bojongsari yang terletak di ujung Pusat Pemerintahan Kota Depok yang juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor cocok sebagai industri kreatif dimana kawasannya sangat potensial dan luas.

Senada dengan harapan Sandiaga, Supian juga sangat mengharapkan Bojongsari sebagai lumbung industri ikan lele dan sayuran sehingga kedepan pedagang-pedagang dari tujuh pasar tradisional yang berdiri di Kota Depok tak lagi belanja lele ke daerah lain.

Supian Suri yang merupakan calon Wali Kota Depok 2024-2029 menjelaskan, warga Kota Depok menyambut baik program Sandiaga. Hal itu terbukti dengan banyaknya jumlah warga yang mendaftar program juragan lele.

Adapun bantuan yang diberikan berupa 300 ember dan 10 ribu bibit lele. Dalam satu ember berisikan 50 bibit lele. "Ini seolah-olah pucuk dicinta ulam pun tiba. Apa yang dicita-citakan kemudian beliau hadir di wilayah Bojongsari. Jumlah juragan lele sekarang ada ratusan orang, sampai hari ini masih ada yang mau daftar sebagai kelompok dari lele ini," ungkapnya.

Pemkot Depok sangat berterimakasih kepada Pak Menteri yang akan mengembangkan Situ Bojongsari sebagai destinasi wisata sehingga memiliki potensi yang tinggi. "Situ Bojongsari kawasannya sangat luas udaranya juga sejuk. Karena itu sangat memungkinkan dikembangkan sebagai sektor wisata," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: DPRD Kota Bogor Minta Program Kampung KB Harkat Ada Ditiap Kelurahan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat