visitaaponce.com

Pemkot Bekasi Perbanyak Polder Air untuk Cegah Banjir

Pemkot Bekasi Perbanyak Polder Air untuk Cegah Banjir
Salah satu polder air di Bekasi, Jawa Barat.(MI/RUDI KURNIAWANSYAH)

GUNA mencegah banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat memperbanyak polder air di 12 kecamatan di Kota Patriot.

"Upaya pencegahan banjir merupakan fokus kerja Pemkot Bekasi. Maka dari itu dibuatlah polder-polder air di sejumlah wilayah yang beberapa waktu lalu juga sudah diresmikan seperti Polder Air Jatiasih dan Bantargebang," kata Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Rabu (8/3).

Tri mengatakan pihaknya telah meresmikan pembangunan Polder Air Chandra di Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati. 

Baca juga: Atasi Banjir Rawalumbu, Pemkot Bekasi Bangun Polder Air

Polder air dibangun dengan perencanaan sedemikian rupa yang berfungsi untuk mencegah banjir dan untuk mengelola tata air seperti drainase kawasan, kolam retensi, tanggul keliling kawasan, pompa, dan pintu air.

Dengan menggunakan polder maka satu kawasan akan terjaga jumlah airnya. Kondisi seperti itu sekaligus membebaskan wilayah tersebut dari ancaman banjir. Di sisi lain pada saat musim kemarau kawasan polder justru tetap menyimpan air. Sebab sistem itu mengharuskan tersedianya waduk penahan air.

Baca juga: Waspada Leptospirosis Mengintai Saat Banjir

"Langkah-langkah pencegahan banjir juga terus dilakukan salah satunya dengan membuat polder air dimana segala perencanaan pembangunannya telah diurus dengan benar sehingga dapat terselesaikan dan terbangun kokoh serta aman berdasarkan site plan-nya," ungkap Tri. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat