visitaaponce.com

Disdukcapil Libatkan Dasawisma Data Perantau Di DKI Jakarta

Disdukcapil Libatkan Dasawisma Data Perantau Di DKI Jakarta
Dinas kependudukan dan pencatantan sipil melibatkan dasawisma untuk mendata perantau yang masuk DKI Jakarta.(MI/Ramdani)

KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadis Dukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin mengatakan pihaknya akan melibatkan dasawisma dalam mendata perantau di Ibu Kota pasca-Lebaran 2023. Pendataan dilakukan untuk memastikan perantau telah memiliki pekerjaan hingga tempat tinggal.

"Pendataan merupakan tugas Disdukcapil sebagai upaya tertib administrasi kependudukan. Namun dengan keterbatasan petugas tentunya pelibatan RT/RW dan dasawisma akan ditingkatkan," ujar Budi saat dikonfirmasi, Selasa (25/4).

Dasawisma, kata Budi, juga akan meminta perantau melaporkan diri ke rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) setempat dalam kurun waktu 1x24 jam. Dasawisma akan memberikan teguran kepada perantau yang tidak melapor.

Baca juga: ASN DKI Jakarta Mau Cuti Tambahan? Ini Syaratnya

"Karena fungsi RT adalah pemeliharaan keamanan, ketertiban, dan kerukunan hidup antar warga dari kejahatan," jelasnya.

Lebih lanjut, Budi menyebut pihaknya telah memberikan pelatihan kepada pengurus RT,RW, dan dasawisma ihwal tata cara pendataan pendatang di DKI. Kegiatan tersebut juga dibantu oleh walikota, camat, dan kelurahan.

Baca juga: Jakarta Terbuka untuk Semua, DKI tidak Lakukan Operasi Yustisi

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan pihaknya tidak menggelar operasi yustisi untuk menekan jumlah perantau ke Ibu Kota. Ia menekankan Jakarta terbuka untuk semua orang.

"Jakarta memang tetap terbuka tapi tetap harus terkendali," ujar Heru di Jakarta, Senin (24/4).

Untuk itu, Heru akan menginstruksikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI untuk mendata jumlah perantau. Sehingga pihaknya memiliki data yang lengkap ihwal jumlah hingga pekerjaan perantau.

"Dinas Dukcapil mendata saja supaya data-data kependudukan itu valid," jelasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat