visitaaponce.com

Pemerintah Tunda Kenaikan Tarif Kereta Api Merak

Pemerintah Tunda Kenaikan Tarif Kereta Api Merak
Kemenhub menunda kenaikan tarif KA lokal Merak. Kenaikan tarif itu sebelumnya direncanakan pada 1 Juni 2023.(Antara)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) memutuskan menunda kenaikan tarif Kereta Api (KA) lokal Merak. Sebelumnya tarif KA 1 Juni 2023 menjadi Rp5 ribu.

Berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Perkeretaapian (Dirjenka) Kementerian Perhubungan No : KA.105/1/2/DJKA/2023 tanggal 4 Mei 2023 terkait penundaan penyesuaian tarif KA penugasan penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO).

"Sehingga tarif KA Lokal Merak masih sama yakni sebesar Rp3 ribu per perjalanan," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resmi, Minggu (14/5).

Baca juga: Gapeka 2023 Aktif Bulan Depan, Headway KRL Jabodetabek Makin Singkat

Di sisi lain, KCI akan mengaktifkan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) 2023 mulai 1 Juni.

Untuk peningkatan pelayanan perjalanan KA Lokal Merak pada Gapkea 2023 ini pada waktu tempuh perjalanannya. Jika pada sebelumnya mempunyai waktu tempuh selama 116 menit akan dipersingkat menjadi 108 menit atau lebih cepat 8 menit. Perjalanan KA Lokal Merak akan melayani pengguna sebanyak 14 perjalanan.

Baca juga: Dibongkar Oknum, KAI Kembali Tutup Akses Perlintasan Liar di Rute Jatinegara-Bekasi, Lokasi Tewasnya AKBP Buddy

Sementara itu untuk pelayanan KA Bandara Soetta, pada pemberlakuan Gapeka 2023 ini mempunyai program sebanyak 70 jadwal perjalanan tiap hari.

"Namun saat ini perjalanan KA Bandara hanya sebanyak 40 perjalanan per hari dengan relasi Stasiun Manggarai-Stasiun Bandara Soetta dengan pemberhentian di Stasiun BNI City, Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper," ujar Anne.

Peningkatan layanan KA Bandara Soetta dimaksimalkan pada waktu tempuh perjalanan menjadi 52 menit atau lebih cepat 4 menit jika dibanding sebelumnya. Sistem pembayaran tiket KA Bandara Soetta juga telah terintegrasi dengan Kartu Multi Trip (KMT), sehingga pengguna yang ingin melanjutkan perjalannya menggunakan commuterline bisa langsung tap-in atau tap-out di stasiun-stasiun commuterline.

Dengan pemberlakukan Gapeka 2023 mulai 1 Juni 2023, KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna untuk memperhatikan kembali jadwal pemberangkatan kereta. Untuk jadwal terbaru perjalanan commuterline pengguna dapat diakses melalui aplikasi C-Access dan untuk aplikasi KAI Access untuk perjalanan KA-KA Lokal. Dapat melalui website commuterline.id, akun media sosial @commuterline dan Contact Center 021-121.

KAI Commuter berharap dengan pemberlakuan Gapeka 2023 pelanggan kereta api akan meningkat untuk menggunakan transportasi publik. Dengan adanya peningkatan pelayanan waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan kereta api, dan peningkatan-peningkatan layanan lainnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat