visitaaponce.com

Wacana Kenaikan Tarif TransJakarta Belum Dibahas Pemerintah

Wacana Kenaikan Tarif TransJakarta Belum Dibahas Pemerintah
Bus Transjakarta melintasi di jalur busway koridor 1 di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (5/4/2023)(MI/Susanto)

DINAS Perhubungan DKI Jakarta belum membahas wacana kenaikan tarif bus TransJakarta.

"Kenaikan tarif belum kan, belum ada pembahasan," ujar Kadishub Syafrin Liputo, Rabu (17/5).

Menurutnya, dari segi perencanaan juga belum dibahas pihaknya. Meski sebelumnya ada survei di media sosial terkait kenaikan tarif, hal itu sebatas menindaklanjuti usulan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

Baca juga: Uji Coba Waktu Tempuh 35 Menit TransJakarta Ragunan-Kuningan Timur Dinilai Positif

"Tentu survei itu karena ada usulan dari DTKJ jadi kita melihat ada usulan, jadi kita survei sebatas itu juga, belum ada pembahasan," ujarnya.

Diketahui, usulan kenaikan tarif disampaikan oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ). Pasalnya, sejak 2007, tarif bus TransJakarta tak pernah naik dan bertahan di angka Rp3.500.

Baca juga: Buntut Kebocoran Halte Bundaran HI, Pt Transjakarta Diminta Segera Lakukan Audit Internal

DTKJ mengusulkan tarif TransJakarta naik di jam-jam sibuk, yakni Rp4.000 pada pukul 07.01-10.00 WIB dan Rp5.000 pada pukul 16.01-21.00 WIB. Lewat survei, TransJakarta pun menyerap aspirasi pengguna layanan terkait usulan kenaikan tarif ini.

"Adanya usulan penyesuaian tarif TransJakarta dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menjadi Rp4.000 dan Rp5.000 pada waktu sibuk (07.01-10.00 dan 16.01-21.00)," tulis TransJakarta dalam salah satu unggahan di Instagram belum lama ini. 

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku tak tahu-menahu perihal wacana kenaikan tarif TransJakarta. Diketahui, keputusan kenaikan tarif TransJakarta ada di tangan Pemprov DKI Jakarta. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat