visitaaponce.com

Jutaan Warga Jakarta Terlilit Pinjol, Pemprov DKI Janji Kembangkan UMKM

Jutaan Warga Jakarta Terlilit Pinjol, Pemprov DKI Janji Kembangkan UMKM
Bazar Jakarta Enterpreneur di pelataran Cikini Raya, Jakarta.(MI/Usman Iskandar)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan akan berupaya fokus meningkatkan pengembangkan usaha mikro dan kecil menengah (UMKM). Hal ini sebagai upaya menekan jumlah masyarakat yang terjerat utang pinjaman online (pinjol).

"Jika pendapatannya sudah cukup tentu mereka tidak perlu melakukan pinjaman sehingga kita fokus ke bagaimana ke perkembangan UMKM," ujar Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Sri Haryati dalam rapat bersama Komisi B, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu, (12/7).

Sri menjelaskan pengembangan UMKM menjadi salah satu fokusnya dalam memperkuat ekonomi di Jakarta. Selain itu, Sri bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan meningkatkan literasi masyarakat mengenai risiko pinjol.

Baca juga: Satu Juta Warga Jakarta Terlilit Pinjol, Total Hutang Capai Rp10,35 Triliun

"Terus kita lakukan termasuk juga tentu sangat erat kaitannya dengan bagaimana upaya kita dalam meningkatkan pendapatan di masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Suhud Alynudin, mengungkap temuan pinjol warga Jakarta. Sebanyak jutaan akun yang terdaftar atas nama warga Jakarta terlilit utang hingga Rp10,35 triliun.

Baca juga: Jeratan Pinjol Hantui Masyarakat

Suhud mendorong Pemprov DKI Jakarta fokus membahas persoalan itu. Sebab, angka fantastis tersebut hampir setengah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah.

"Angka ini lebih besar dari APBD Yogyakarta hampir setengah APBD Jawa Tengah," ujarnya saat rapat Komisi B bersama jajaran SKPD Pemprov DKI Jakarta, Gedung DPRD.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat