visitaaponce.com

Polisi Usut Laporan Band Radja terhadap YouTube Dunia Manji

Polisi Usut Laporan Band Radja terhadap YouTube Dunia Manji
Band Radja(INSTRAGRAM @RADJABANDOFFICIAL)

POLDA Metro Jaya menerima laporan polisi dari Band Radja terkait konten di Youtube Dunia Manji milik Anji Manji. Polda Metro mulai mengusut kasus tersebut.

"Ya kemarin ada laporan ya, sudah diterima oleh Polda Metro Jaya melalui Sentra Pelayanan Terpadu, SPKT ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Agustus 2023.

Trunoyudo menyebut pihaknya baru saja menerima laporan ini. Langkah selanjutnya, pihak SPKT akan melimpahkan laporan tersebut ke direktorat terkait.

Baca juga : Polisi Tangkap Empat Provokator Tawuran di Wilayah Jakarta

"Kemudian tentunya laporan ini akan mendasari dalam proses selanjutnya. Tentu standar operasional prosedur nanti akan ditangani siapa. Kalau terkait dengan ITE-kan tentunya Direktorat Reserse Kriminal Khusus. Kalau terkait dengan hal pidana umum tentunya Direktorat Reserse Kriminal Umum," beber Trunoyudo.

Laporan ini diterima dengan nomor perkara: LP/B/4764//VIII/2023/SPKT/Polda Metro Jaya. Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut memastikan polisi akan mengusut kasus dugaan pencemaran nama Baik ini.

"Tentu kita dalami," ujar Trunoyudo.

Baca juga : Korban Mucikari Mami Icha Ada 21 Anak, Rp8 Juta Sekali Kencan

Laporan dugaan pencemaran nama baik ini dilayangkan pada Senin, 14 Agustus 2023. Grup band dengan lagu Cinderella itu mengaku diboikot hingga mereka mendapat cacian dari masyarakat atas konten yang ada di YouTube Dunia Manji.

"Kami melaporkan adanya dugaan pencemaran nama baik melalui salah satu akun YouTube yang membuat grup Radja tercemar bahkan diboikot, dihina, dimaki oleh masyarakat yang tidak tahu apa sih yang sebenarnya terjadi. Yang kami laporkan di sini akun YouTube Dunia Manji," kata kuasa hukum band Radja, Sunan Kalijaga, Senin, 14 Agustus 2023.

Sunan mengatakan, perbincangan yang ada di YouTube Dunia Manji terkesan menggiring opini publik bahwa band Radja maling. Padahal, pengakuan narasumber di YouTube Dunia Manji tersebut tidak bisa dibuktikan kebenarannya sebab tidak ada bukti sepanjang perbincangan itu.

Baca juga : Polisi Dalami Peran Selebgram Siskaeee dalam Kasus Rumah Produksi Film Porno

"Ada hal yang akan kita buka di penyidikan siapa yang benar dan salah ke mana pun kami siap, ini adalah penggiringan opini publik, grup band radja maling begini begini," lanjutnya.

Gitaris Radja, Moldy, juga menegaskan laporan tersebut tidak ada kaitannya dengan masalah hak cipta dari lagu Cinderella. Sebab, itu terkait personal sendiri.

"Di sini kita melaporkan (akun) Dunia Manji itu karena kita merasa dirugikan atas podcast tersebut gitu aja," kata Moldy.

Band Radja menilai akun tersebut telah mewadahi seorang narasumber yang kurang berkompeten dalam membahas grup bandnya. Sehingga, Radja merasa dirugikan atas penayangan konten tersebut.

Akun YouTube Dunia Manji dilaporkan terkait pelanggaran penyebaran konten di media sosial. Terlapor dipersangkakan terkait Pasal 27 ayat 3 jo. Pasal 45 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan atau Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat