visitaaponce.com

Jakarta Diprediksi Masuk Musim Hujan pada November

Jakarta Diprediksi Masuk Musim Hujan pada November
Jakarta masuk musim hujan pada November(Dok. Ist)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada September ini terdapat sekitar 24 zona musim atau 3,4% yang akan memasuki musim hujan. Namun DKI Jakarta diprediksi masuk musim hujan pada November 2023.

Daerah yang masuk musim hujan bulan September 2023 meliputi sebagian Sumatera Barat dan Riau bagian selatan.

Kemudian pada bulan Oktober 2023 sekitar 69 zona musim atau 9,9% zona musim akan memasuki musim hujan yaitu Provinsi Jambi, Sumatera Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, kemudian juga sebagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.

Baca juga: BMKG Prediksi Awal Musim Hujan 2023-2024 Tiba Lebih Lambat

"Pada November 2023 terdapat sekitar 255 zona musim atau 36,5% zona musim yang akan memasuki musim hujan yaitu meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Banten Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan Papua Selatan," papar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring, Jumat (8/9).

Selanjutnya sekitar 153 zona musim atau 21,9% diperkirakan akan memasuki musim hujan pada bulan Desember 2023 yaitu Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat sebagian Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara dan Maluku.

Baca juga: Karena Keragaman Iklim, Musim Hujan Tidak Terjadi Serentak. Ini Kata BMKG

Sementara pada Januari hingga Mei 2024 sekitar 22 atau 32% zona musim diharapkan akan mengalami awal musim hujan. Terdapat sekitar 50 zona musim atau 7,2% zona musim yang sudah memasuki musim hujan sementara sekitar 12 zona musim atau 1,7% merupakan daerah dengan musim hujan sepanjang tahun.

"Jadi yang 12 zona musim ini saat ini sudah memasuki musim hujan dan sisanya 16,1% itu memang merupakan daerah yang mengalami hujan sepanjang tahun jadi hampir tidak pernah mengalami kemarau," kata dia.

Selain itu ada 113 zona musim atau 16,1% zona musim yang termasuk dalam tipe zona musim satu musim yang memiliki karakteristik musim yang satu kali sepanjang tahun.

Jika dibandingkan dengan normalnya secara umum musim hujan diprediksi akan datang lebih lambat tadi meskipun bertahap dan ada yang sudah memulai namun secara umum datangnya musim hujan lebih lambat yaitu terjadi pada sekitar 446 zona musim atau 63,8% zona musim di seluruh Indonesia.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat