visitaaponce.com

Belum Pasang Water Mist, Gedung Swasta Terkendala Ketersediaan Generator

Belum Pasang Water Mist, Gedung Swasta Terkendala Ketersediaan Generator
Perbandingan langit di kawasan Jakarta dengan Tugu Monas sebagai ikon kota dan gedung bertingkat karena polusi udara di Jakarta(MI / Usman Iskandar)

PIHAK swasta pemilik gedung tinggi di Jakarta disebut sudah berkomitmen ikut memasang dan mengoperasikan pompa bertekanan tinggi (water mist) untuk membantu menyelesaikan masalah polusi udara. Namun, masih terkendala, salah satunya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) belum bisa memproduksi water mist secara massal.

"Gedung-gedung swasta sudah siap untuk menyelenggarakan water mist sendiri. Hanya kendalanya adalah ketersediaan dari generatornya," beber Juru bicara Satgas Penanganan Pencemaran Udara DKI Jakarta Ani Ruspitawati, Jumat, (8/9).  

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyebut baru ada tiga gedung swasta yang memasang water mist. Ketiganya, PT United Tractors, PT Pama Persada, PT SOHO Global Health.

Baca juga : Baru 3 Gedung Swasta yang Pasang Water Mist

"Yang pasti di Gedung Balai Kota 2, kemudian semua kantor wali kota sudah pasang, kemudian tiga gedung swasta DKI," kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH DKI Jakarta Erni Pelita Fitratunnisa.

Baca juga : Pemprov DKI Alami Kendala Ketersediaan Water Mist Generator 

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan semua gedung tinggi milik Pemprov DKI memasang semua water mist. Setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diwajibkan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan alat pengusir polusi udara seharaga Rp50 juta tersebut. 

"Anggarannya Pemprov dari APBD, dari CSR (corporate social responsibility), dari BTT (belanja tak terduga), dari mana saja harus kita perjuangkan untuk ketersediaan alat," beber Fitri. (MGN/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat