visitaaponce.com

Pemprov DKI Usulan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp1,1 Triliun

Pemprov DKI Usulan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp1,1 Triliun
Warga berjalan di depan mural bertema Pemilu 2024 di Jalan Perjuangan Raya, Jakarta.(Antara)

BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta akan mengusulkan anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada 2024 sebesar Rp1,19 triliun. Usulan ini akan dimasukkan ke dalam Rancangan APBD DKI Jakarta Tahun 2024 yang pada Kamis (5/10) lalu telah diusulkan oleh eksekutif kepada DPRD DKI Jakarta.

"Untuk KPU DKI kami usulkan Rp995 miliar. Lalu untuk Bawaslu DKI Rp200 miliar," kata Kepala Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (8/10).

Pemprov DKI berfokus pada Pilkada 2024 karena untuk anggaran Pemilu 2024 langsung bersumber dari APBN. Sementara itu, Taufan juga mengatakan pihaknya sedang mencari lokasi untuk dijadikan tempat logistik kepemiluan.

KPU DKI meminta setidaknya ada 44 lokasi yang tersebar merata untuk menjadi tempat penyimpanan logistik Pemilu 2024 bagi 44 kecamatan di Ibukota. Pemprov DKI memfasilitasi dengan menjadikan GOR sebagai lokasi penyimpanan logistik Pemilu tersebut.

Namun, Taufan mengatakan ada beberapa kecamatan yang mana GOR kecamatan saat ini sedang direnovasi. Tiga kecamatan itu adalah Kemayoran (Jakarta Pusat), Palmerah (Jakarta Barat), dan Kebayoran Lama (Jakarta Selatan).

"Kami sedang mencari tiga lokasi untuk tiga kecamatan tersebut," tuturnya.

Menurut dia, kepastian lokasi penyimpanan logistik harus sudah siap pekan depan. Sebab, KPU pusat akan segera melakukan pencetakan surat suara dan memproduksi kotak suara serta kelengkapan kepemiluan lainnya saat pendaftaran capres dan cawapres selesai dilakukan. Proses pendaftaran capres dan cawapres direncanakan pada 19 Oktober hingga 25 Oktober mendatang.

"Kan langsung. Misalnya KPU mengumumkan (capres dan cawapres) hari ini. Mereka langsung nyetak kertas suara. Untuk DKI ada sekitar 8 juta pemilih tetap untuk memilih presiden dan wapres, DPR, DPRD, dan DPD. Maka total ada 32 juta lembar surat suara. Itu perlu tempat yang memadai," tandasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat