visitaaponce.com

Kebakaran TPA, Pengamat Sebut Pemerintah Daerah Minim Lakukan Pencegahan

Kebakaran TPA, Pengamat Sebut Pemerintah Daerah Minim Lakukan Pencegahan
Sejumlah petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang.(ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

KEBAKARAN yang terjadi TPA Rawa Kucing, Tangerang, pada Jumat (20/10) lalu perlu menjadi perhatian dari setiap pemerintah pusat maupun daerah.

Ketua Umum Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI), Trubus Rahardiansah mengatakan kebakaran tidak hanya terjadi pada musim kemarau namun bisa terjadi juga di musim hujan.

Ia menilai, kebakaran sampah yang terjadi di TPA salah satunya karena minimnya mitigasi atau pencegahan yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Baca juga: Kebakaran TPA Rawa Kucing Kota Tangerang Semakin Membesar

"Itu persoalan lama karena tidak ada political will untuk melakukan mitigasi. preventif minim," ujarnya kepada Media Indonesia, Sabtu (21/10).

Selain itu, menurutnya pemerintah masih melimpahkan persoalan sampah ke masyarakat dan menjadi tanggung jawab masyarakat setempat.

Baca juga: Kebakaran Gunung Sampah TPA Rawa Kucing Sebabkan Sesak Napas

"Kedua, memang mereka selalu melimpahkan masalah sampah ini tanggung jawab masyarakat, mereka menyalahkan yang merokok sembarangan atau apa lebih kesitu," jelasnya.

Selanjutnya, terkait teknologi pengolahan sampah yang sampai hari ini sangat tidak signifikan. Selain biaya yang mahal, menurut Trubus tidak adanya keinginan pemerintah untuk memprioritaskan persoalan sampah ini untuk segera diselesaikan.

"Minim sekali model pengelolaan sampah secara teknologi mungkin mahal, tidak didukung oleh pemerintah daerah setempat," jelasnya. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat