visitaaponce.com

Pengamat Sebut Kasus Kematian 4 Anak di Jaksel Diduga Ada Unsur Permasalahan Ekonomi

Pengamat Sebut Kasus Kematian 4 Anak di Jaksel Diduga Ada Unsur Permasalahan Ekonomi
Kasus pembunuhan 4 anak di Jagakarsa diduga karena masalah ekonomi(Metro TV)

SOSIOLOG Kriminalitas Dosen Purna dari Universitas Gadjah Mada Soeprapto menduga terdapat motif permasalahan ekonomi dalam kasus kematian empat anak di dalam kamar disebuah kontrakan di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Menurutnya, sang suami, Panca (41) tidak kuat dalam menghadapi permasalahan ekonomi, sehingga dirinya mengajak anak-anaknya untuk mati bersamanya.

"Karena tidak kuat menghadapi permasalahan itu maka dia memilih untuk membawa mati anaknya bersama-sama. Namun dia keburu ketahuan dan ditemukan mau bunuh diri di kamar mandi, sehingga tertolong tetap hidup," kata Soeprapto saat dihubungi, Kamis (7/12).

Kendati demikian, ia mengatakan, bahwa motif tersebut masih bersifat prediktif dan spekulatif. Hal itu dikarenakan hasil pemeriksaan terhadap Panca masih berlangsung dan juga keterangan dari istri Panca belum bisa didapatkan karena masih dalam perawatan.

Baca juga: RS Polri: Empat Bocah Tewas 3-5 Hari Lalu di saat Bersamaan

"Motif ini masih bersifat prediktif dan spekulatif. Kita tunggu saja hasil pemeriksaan dari pihak kepolisian, seperti apa motif dari kasus ini," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Empat anak ditemukan tewas dalam kamar suatu rumah di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pelaku diduga orangtua sendiri.

Baca juga: Ayah Terduga Pembunuh 4 Anak di Jagakarsa Sempat Dipanggil Polisi Kasus KDRT

"Betul, empat orang (korban). Ada empat orang penemuan mayat di dalam kamar," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Bintoro saat dikonfirmasi, Rabu (6/12)

Bintoro mengatakan pelaku diduga orangtua empat bocah yang ditemukan tewas tersebut. Pelaku disebut sempat mencoba bunuh diri. Namun, berhasil digagalkan dan saat ini tengah dirawat di rumah sakit.

"Sementara orangtua sendiri. Sementara masih dugaan (korban) anaknya (pelaku). Orangtua yang diduga sebagai pelaku mencoba bunuh diri juga, tetapi saat ini masih bisa selamat dan dirawat di RS," ujar Bintoro.

Belum diketahui pasti penyebab kematian korban. Polisi belum membeberkan kronologi kasus tersebut. Pihak kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Semuanya masih kita cek dulu. Untuk sementara masih dilakukan penyelidikan," bebernya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat