visitaaponce.com

Satpol PP Gelar Uji Emisi Kendaraan Besar di Jakarta Barat

Satpol PP Gelar Uji Emisi Kendaraan Besar di Jakarta Barat
Petugas menggelar razia dan tilang uji emisi kendaraan bermotor di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta, Rabu (1/11).(MI/USMAN ISKANDR)

SATUAN Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan operasi penegakan hukum (gakum) terkait Peraturan Daerah (Perda) tentang pengendalian pencemaran udara.

“Operasi ini merujuk pada pasal-pasal kunci yang mencakup aspek-aspek vital pengendalian pencemaran udara. Operasi yang kami lakukan ini diharapkan dapat menegakkan peraturan lingkungan dalam upaya menjaga kualitas udara di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Bidang Penyidik Pegawai Negeri Sipil Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Tamo Sijabat, Rabu (13/12).

Operasi dilaksanakan selama dua hari, yakni 11-12 Desember di Jakarta Barat. Tamo menjelaskan pada pelaksanaan hari pertama operasi dilaksanakan di Terminal Kalideres dan sebanyak 28 kendaraan bus dan angkot mengikuti uji emisi. Hasilnya, ada tiga bus dan angkot yang tidak lulus uji emisi.

Baca juga: Pemprov DKI bakal Perluas Akses Uji Emisi

Pada hari kedua, sebanyak 12 bus ikut uji emisi dan lulus semua. Kemudian, dilakukan uji emisi kepada 17 truk di Jalan Raya Daan Mogot. Hasilnya, 4 truk tidak lulus.

“Untuk kendaraan yang tidak lulus uji emisi, maka dilakukan tindakan sesuai prosedur, yakni melibatkan penegakan hukum secara yustisial dengan para pelanggar dijadwalkan untuk proses sidang yustisi tipiring pada 18-19 Desember 2023,” kata Tamo.

Baca juga: DPRD DKI Dorong Subsidi Servis Kendaraan Bermotor bagi Warga tidak Mampu

Tamo memaparkan, operasi dilaksanakan bersama perangkat daerah yang tergabung dalam Satgas Pengendalian Pencemaran Udara (PPU), yaitu Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Satuan Polisi Lalu Lintas Polda Metro Jaya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat