visitaaponce.com

Gunungan Sampah Sumbat Jembatan Mampang Depok, 300 Rumah Dilanda Banjir

Gunungan Sampah Sumbat Jembatan Mampang Depok, 300 Rumah Dilanda Banjir
Pengendara melintasi Jalan Sawangan yang tergenang akibat luapan Kali Licin di Mampang, Depok.(Dok. Antara)

RATUSAN rumah warga di Jalan Pramuka I dan II Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) dilanda banjir. Banjir diakibatkan sampah tempat pembuangan akhir (TPA Cipayung) menumpuk di lereng jembatan Mampang.Kemudian karena perencanaan sistem pengendali banjir yang tidak tepat.

"Pemukiman di Mampang, Kecamatan Pancoran Mas jadi lokasi langganan banjir saat hujan. Banjir merepotkan warga sebab air masuk hingga ke dalam rumah," ucap Pujo, warga setempat, Minggu (26/5) sore.

Akibat hujan yang mengguyur semalaman, Pujo mengatakan 300 rumah dari empat RW (RW 06, RW 09, RW 10, dan RuW 11) dilanda banjir.

Baca juga : Banjir Lumpur 1 Meter Terjang Permukiman Warga Kampung Bulak Cipayung Depok

Banjir di empat RW tersebut sering terjadi pada musim hujan. Dan, semakin kesini, bencana banjir justru semakin sering terjadi dan juga semakin besar dampaknya bagi warga masyarakat.

Peristiwa banjir di empat RW lebih diperparah pengelolaan sampah yang kurang bijak oleh pemerintah daerah. "Banyaknya sampah yang belum dikelola dengan baik mengakibatkan sumbatan aliran sungai hingga menimbulkan banjir," kata Pujo.

Sampah dari tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung yang dialirkan Kali Pesanggrahan, banyak menumpuk dilereng jembatan Mampang.

Baca juga : 2 Pekan Banjir Belum Juga Surut, 5 Jenis Penyakit Serang Warga Cipayung Depok

"Akibat tumpukan sampah tersebut, banjir pun meluap semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan serta kerugian material yang besar," ujar Pujo.

Banjir di daerah Mampang, sambung dia akibat kesalahan pemerintah dalam pembangunan tata kota ataupun kebijakan lainnya. Penyebab banjir juga akibat lumpur di lereng jembatan Mampang yang dibangun pertengahan tahun 2023, tidak dikeruk sampai ke bawah.

Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) membangun jembatan Mampang dengan anggaran Rp8 miliar. Tujuan pembangunan jembatan agar pemukiman tidak kebanjiran, dan sampah tidak tertahan di lereng jembatan Mampang.

Baca juga : Kali Enggram di Sawangan Depok Amblas, 5 Rumah dan Pabrik Tahu Susu Terendam

"Percuma saja pembangunan jembatan dengan anggaran Rp8 miliar kalau toh pemukiman masih kebanjiran," jelasnya.

Dijelaskan Pujo, akibat dari semakin banyaknya tumpukan sampah yang tidak terkelola dengan baik, pemukiman warga Jalan Pramuka I dan II Kelurahan Mampang jadi dilanda banjir.

"Kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan, khususnya dalam pengelolaan sampah tidak diragukan lagi. Masyarakat sangat disiplin, tinggal solusi dari pemerintah agar pemukiman di Mampang tidak landa banjir," ungkapnya.

Baca juga : Sungai Pesanggrahan Depok yang Tertimbun Ribuan Ton Sampah Belum Dibersihkan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri, Minggu (26/5) mengecek lokasi banjir yang kerap terjadi di kawasan Mampang, Kota Depok. Dalam peninjauannya ke lokasi rawan banjir, ia mengaku telah berdiskusi dengan pengurus DKM, RT, RW, dan tokoh masyarakat untuk mencari solusi menyelesaikan permasalahan banjir tersebut.

"Alhamdulillah kita berdiskusi dengan pengurus DKM, Pak RT, RW, tokoh masyarakat, seperti apa solusinya," ucapnya.

Supian mengatakan dia mendapat masukan untuk merelokasi masjid di lokasi rawan banjir. Ia mengatakan pengurus DKM dan masyarakat setempat mengizinkan relokasi tersebut karena dinilai menjadi salah satu penyebab banjir.

"Saya minta untuk mengizinkan pemindahan masjid kalau itu memang dianggap menjadi bagian penyebab banjir," ucapnya.

Seperti diketahui, luapan air di Kali Licin saat hujan mengakibatkan Kawasan Mampang, Kota Depok, kerap terkena banjir. Warga mengeluh lantaran banjir kawasan tersebut menyisakan lumpur.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat