visitaaponce.com

Pemda Diminta Prioritaskan Sektor Pertanian

 Pemda Diminta Prioritaskan Sektor Pertanian
Petani membersihkan tanaman sayur dan buah di lahan rawa Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan,(ANTARA FOTO/Ibay)

PEMERINTAH provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Selatan diminta untuk memprioritaskan pembangunan sektor pertanian guna mendongkrak ekonomi masyarakat dan mengantisipasi ancaman kelangkaan pangan. Hal ini dikemukakan Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Selatan, Imam Suprastowo, Jumat (28/8). 

"Pemda harus memprioritaskan pembangunan sektor pertanian guna menopang ekonomi daerah. Kita harus menyikapi warning dari WHO yang memprediksi akan terjadi resesi ekonomi dan kelangkaan pangan akibat pandemi virus korona yang melanda dunia," tuturnya.

Saat ini pertumbuhan ekonomi nasional termasuk Kalsel ikut terkoreksi akibat pandemi virus korona. PAD Provinsi Kalsel terkoreksi hingga 20 persen dari PAD tahun sebelumnya sebesar Rp3,7 triliun. Data BPS menyebut trend pertumbuhan ekonomi Kalsel terus menurun.

"Kalsel ini sejatinya adalah daerah agraris dengan sektor utama pertanian. Pemda tidak dapat lagi mengandalkan sektor tambang dan harus segera mengambil langkah penyelamatan sektor pertanian," ujarnya. 

baca juga: Petani Dibayangi Kekurangan Pupuk Subsidi

Selain itu daerah juga tidak bisa lagi mengandalkan anggaran APBN jika melihat kondisi ekonomi nasional saat ini. Pemda dituntut mampu berinovasi dan survive di tengah kondisi pandemi yang belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Lebih jauh dikatakan Imam sektor pertanian yang perlu diprioritaskan meliputi tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan dan peternakan serta ketahanan pangan. Sayangnya anggaran tiga bidang pertanian ini terpotong karena alasan penanganan virus korona.

Karena itu pihaknya berharap sektor pertanian ini tidak mengalami pemotongan anggaran yang besar sehingga pembangunan pertanian dapat lebih maksimal. (OL-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat