visitaaponce.com

Bupati Tuban Minta Warga Bijak Gunakan Uang Ganti Untung

Bupati Tuban Minta Warga Bijak Gunakan Uang Ganti Untung
Bupati Tuban Fathul Huda menaman Cemara laut dari PT. Pertamina Rosneft Pengolaham dan Petrokimia (PRPP) di Mangrove Center Jenu, Kamis (18/(MI/M Yakub)

BUPATI Tuban, Jatim, Fathul Huda mengingatkan, agar warga desa terdekat Proyek Kilang Minyak Pertamina Rosneft bijak membelanjakan uang ganti rugi yang diberikan pihak Pertamina. Jangan dipergunakan untuk keperluan yang bersifat konsumtif sesaat.

Hal itu disampaikan Bupati Huda saat mengikuti Penanaman Cemara laut oleh PT. Pertamina Rosneft Pengolaham dan Petrokimia (PRPP) di Mangrove Center Jenu, Kamis (18/2) siang.

Menurut Bupati, dengan adanya uang ganti-rugi yang telah disalurkan Pertamina kepada masyarakat, diharapkan warga bijak dalam menggunakannya. Masyarakat Ring l juga diharapkan mampu melihat peluang bisnis lainnya seiring proses pembangunan mega proyek tersebut.

"Seperti dengan membuka usaha jangka panjang, sembari melihat peluang geliat ekonomi dari dampak adanya mega proyek Pertamina Rosneft kedepan," pesannya.

Dengan demikian, warga juga diharapkan tidak terlalu berpatokan pada serapan kerja proyek, namun harus memanfaatkan peluang lain dari multiplier efek dari proyek tersebut.

"Banyak peluang yang bisa diciptakan dari adanya proyek Kilang Minyak Pertamina Rosneft yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat. Jika semua masyarakat ring satu ingin bekerja di proyek NGRR, perusahaan tidak akan bisa mencukupi," tambahnya.

Bupati juga mengatakan, penyerapan tenaga kerja pertama untuk pembangunan konstruksi yang memakan waktu 5 tahun. Setelahnya untuk pegawai tetap,
tidak mungkin menampung seluruh warga terdekat karena dibutuhkan 2.000 orang untuk mengisi posisi strategis sesuai kebutuhan.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan PRPP, agar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan bisa dilaksanakan secara
meluas, dan tidak hanya fokus pada desa ring satu saja.

"Ini penting, sebab dengan ini kita bersama untuk menyelamatkan lingkungan Tuban," harapnya

Bupati mengakui Pertamina telah banyak menaruh perhatian kepada Tuban, dalam hal menyalurkan CSR di berbagai bidang. Mulai bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

"Penanaman cemara laut banyak sekali manfaatnya, diantaranya menekan abrasi laut serta sumber oksigen dari tumbuhan penghijauan, dan kebetulan ring
satunya adalah pesisir," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Pemkab Tuban Larang Warga Jual Bantuan Sosial

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat