visitaaponce.com

Wawali Surabaya akan Keruk Sungai Limbah Busa

Wawali Surabaya akan Keruk Sungai
Wakil Wali Kota Surabaya, Armudji, meninjau Sungai Tambak Wedi yang dipenuhi limbah busa, Rabu (24/3/2021).(Metro Tv/Reno Reksa)

WAKIL Wali Kota Surabaya, Armudji, meninjau Sungai Tambak Wedi, Rabu siang (24/3), yang dilaporkan dipenuhi limbah busa selama beberapa tahun. 

Menurut Armuji, munculnya busa di Sungai Tambak Wedi disebabkan adanya aktivitas pembuangan limbah ke sungai.

"Kalau saya lihat, ini disebabkan ada pembuangan limbah rumah tangga ke sungai. Karena di sekitar sini tidak ada industri," kata Armudji pada wartawan.

Untuk itulah, Armudji meminta masyarakat untuk tidak membuang limbah rumah tangga dalam bentuk apapun ke sungai karena bisa menimbulkan pencemaran.

Baca juga: Kekerasan Terhadap Aktivis Lingkungan Harus Diusut Tuntas

Sebagai solusi jangka pendek, Armudji mengatakan Pemkot Surabaya akan melakukan pengerukan di Sungai Tambak Wedi, untuk mengangkat limbah yang terlanjur ada di sungai.

"Itu sudah kita siapkan bego buat ngeruk. Kalau masih muncul busa, saya minta DLH (Dinas Lingkungan Hidup) untuk mengkaji lebih lanjut," kata politikus PDIP tersebut.

Adapun untuk solusi jangka panjangnya, Pemkot Surabaya akan mengajukan permohonan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal ke pemerintah pusat. Hal ini disebabkan karena pengadaan IPAL Komunal membutuhkan anggaran yang besar.

Armudji juga mengatakan limbah busa tidak hanya ditemukan di Sungai Tambak Wedi, namun juga di sungai lain Kota Surabaya, salah satunya di daerah Wonorejo. (A-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dwi Tupani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat