visitaaponce.com

Banjir Bandang di Musi Rawas, 300 Rumah Terendam

Banjir Bandang di Musi Rawas, 300 Rumah Terendam
Ilustrasi.(Medcom.id.)

SEBANYAK 300 rumah terendam akibat luapan sungai Bal di Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas, Musi Rawas, Sumatra Selatan. Kejadian tersebut berlangsung sejak Kamis malam (27/5).

Bukan hanya rumah warga, banjir bandang juga mengenai dua tempat ibadah, satu sekolah, dan fasilitas umum lain. Bahkan dari kejadian tersebut, ada dua rumah yang hanyut.

"Banjir bandang ini terjadi akibat hujan yang turun dengan intensitas lebat mengguyur wilayah Kabupaten Musi Rawas sehingga menyebabkan sungai Bal meluap," kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel, Ansori, Jumat (28/5).

Ketinggian air akibat banjir bandang mencapai 1,5 meter. Namun saat ini banjir sudah mengalami penyurutan hingga satu meter.

"Tim reaksi cepat dari BPBD Musi Rawas sudah mendatangi lokasi dan mendata masyarakat yang terdampak banjir bandang. Tim juga sudah menyediakan tenda pengungsian di Desa Pasenan, kecamatan tersebut," kata dia.

Di lokasi, saat ini warga sedang bergotong royong membersihkan lumpur yang terbawa akibat banjir bandang di rumah mereka. "Kami dari BPBD Sumsel hari ini pun sudah mengirimkan bantuan berupa paket makanan siap saji untuk 500 paket, air bersih, dapur umum, selimut, dan sebagainya," kata dia.

Baca juga: Rusaknya Hutan Picu Banjir Bandang Simalungun

 

Pihaknya mengimbau agar masyarakat di daerah tersebut untuk waspada dan hati-hati. Begitu juga daerah lain yang dekat dengan sungai. Hal itu karena banjir bisa terjadi kembali terlebih saat intensitas hujan turun dengan lebat seperti saat ini. (OL-14)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat