visitaaponce.com

Banjir di Jalan Trans Kalimantan Bukit Rawi, Polda Kalteng LakukanSistem Buka Tutup.

Banjir di Jalan Trans Kalimantan Bukit Rawi, Polda Kalteng Lakukan Sistem Buka Tutup.
Banjir di Jalan Trans Kalimantan Bukit Rawi.(Mi/Humas Polda Kalteng)

POLDA Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan langkah antisipasi agar pengguna jalan aman saat melintasi lokasi banjir yang terjadi di Jalan Trans Kalimantan di Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau dengan menerapkan istem buka dan tutup.

"Jalan akan ditutup pada pukul 18.00 WIB dan dibuka kembali pukul 06.00 WIB . Hal ini kami terapkan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti laka lantas, mogok, dan terguling akibat jalan tidak terlihat dan tertutup genangan air," kata Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol K Eko Saputro, Sabtu (13/11).

Selain itu, kata Eko, pihaknya juga sudah memberlakukan larangan melintas bagi truk bermuatan dan mobil kecil serta sistem buka tutup jalan, ujarnya, seperti dikutip dari rilis Humas Polda Kalteng.

Baca juga: Pertamina Sebut Kebakaran Tangki di Kilang Cilacap Sudah Terkendali

Ruas yang banjir di Jalan Trans Kalimantan di Bukit Rawi itu merupakan daerah langganan banjir akibat luapan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan. Padahal, jalur itu merupakan urat nadi penghubung Palangka Raya dengan sejumlah kabupaten di DAS Barito seperti Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya, dan Gunung Mas.

"Saya sampaikan kepada masyarakat yang melintas di Jalan Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau agar selalu jaga keselamatan karena banjir mengenangi sejumlah ruas jalan," turur Eko.

Ditambahkannya, imbauan itu disampaikan karena ada sejumlah lubang yang berdiameter kecil hingga besar mulai terlihat di lokasi, ditambah dengan aspal yang kembali rusak.

"Kepada para pengguna jalan agar selalu waspada dan menurunkan kecepatan saat melintas di Kawasan tersebut, karena ada beberapa lubang tampak terlihat. Sehingga dapat memicu kecelakaan," ungkap Eko.

Sementara itu, banjir yang melanda Kecamatan Katingan Tengah sudah mulai surut dan warga sudah mulai melakukan aktifitas seperti biasa , kata camat Katingan Tengah Yobie ketika dihubungi, Minggu (14/11).

Seperti diketahui, dalam sepekan terakhir, terjadi hujan sedang hingga lebat disejumlah wilayah Kalteng. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat