visitaaponce.com

Hujan Dua Hari, Tiga Kecamatan di Kota Maumere Kebanjiran

Hujan Dua Hari, Tiga Kecamatan di Kota Maumere Kebanjiran
Rumah warga terendam banjir.(MI/Gabriel Langga.)

HUJAN lebat dari Sabtu (20/11) sampai Minggu (21/11) yang mengguyur Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, membuat wilayah dan jalan raya di tiga kecamatan dalam Kota Maumere dikepung banjir. Kecamatan tersebut yakni Alok Timur, Alok dan Alok Barat.

Sejumlah jalan protokol yang terendam banjir itu di antaranya depan rumah jabatan pimpinan DPRD Sikka, jalan di depan Pelabuhan Lorens Say Maumere, dan jalan di Kelurahan Waioti. Banjir ini membuat sejumlah kendaraan roda dua yang nekat menerobos banjir menjadi mogok hingga membuat kemacetan. 

Selain itu, buruknya drainase dan banyaknya tumpukan sampah menjadi penyebab utama banjir kerap melanda di wilayah tiga kecamatan tersebut. Salah satu warga di Kelurahan Waioti, Nikolaus Ago, mengatakan setiap tahun kalau musim hujan dipastikan di wilayahnya dikepung banjir. Hal ini disebabkan oleh drainase tidak pernah diperbaiki oleh pemerintah.

"Salah satu cara yang harus dilakukan adalah merenovasi saluran. Kalau tidak sasarannya akan jadi seperti ini setiap tahun," papar dia. Untuk itu ia berharap pemerintah segera merenovasi drainase sehingga dapat meminimalisasi dampak banjir yang rutin terjadi setiap tahun.

Camat Alok Timur Nikolaus Emanuel mengakui hampir seluruh wilayah Kecamatan Alok Timur dikepung banjir. Hal ini karena hujan deras dengan durasi lama. Selain itu, buruknya sistem drainase di wilayah itu yang menyebabkan air meluap dari saluran drainase hingga mengepung rumah-rumah warga.

Baca juga: Jabar Diprediksi Diguyur Hujan Deras Akhir Pekan Ini, Warga Diimbau Waspada

"Sistem drainase buruk. Kalau musim hujan pasti wilayah selalu jadi langganan banjir. Saat ini teman-teman kita sedang turun ke rumah warga untuk mendata," pungkas dia. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat