visitaaponce.com

BRT akan Mulai Beroperasi di Mebidang pada 2023

BRT akan Mulai Beroperasi di Mebidang pada 2023
Ilustrasi(DOK MI)

BUS Rapid Transit (BRT) di Kota Medan dan sekitarnya, direncanakan akan mulai beroperasi 2023 dengan alokasi awal anggaran sebesar Rp1,8 triliun. Pemprov Sumut beserta Pemkot Medan, Pemkot Binjai dan Pemkab  Deliserdang telah menggelar pertemuan persiapan pengoperasian BRT. Pemkot Medan, Pemkot Binjai dan Pemkab Deliserdang juga sudah meneken naskah kerja sama rencana pengoperasian BRT.

BRT merupakan transportasi massal perkotaan berbasis bus yang memberikan mobilitas cepat, nyaman dan berbiaya rendah. BRT atau angkutan cepat bus ini populer di Jakarta dengan sebutan busway.

Rencananya, BRT di Sumut akan beroperasi melintasi wilayah perkotaan di Medan, Binjai dan Deliserdang (Mebidang). Menurut Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, Kamis (13/1),  Kementerian Perhubungan akan membantu pembangunan dan pengembangan BRT di Mebidang dengan anggaran sebesar Rp1,8 triliun.

Anggaran tersebut adalah pembiayaan dari Bank Dunia dan Agence Francaise De Developpement (AFD). Adapun tahapan pembangunan sarana dan prasarana serta pengadaan armada akan dilaksanakan mulai Februari 2022. Didahului dengan pembangunan konstruksi Depot di Terminal Amplas dan Pinang Baris, rencananya, BRT di kawasan Mebidang sudah beroperasi mulai 2023.

Secara teknis, koridor BRT terproteksi akan dibangun sepanjang 21 km, dari Terminal Pinang Baris ke Terminal Amplas. Terdapat 33 stasiun BRT di sepanjang koridor terproteksi, dengan jarak rata-rata antarstasiun sekitar 600 meter.

Dengan sudah adanya rencana ini Gubsu mengatakan dirinya sudah meminta ketiga pemda untuk memulai penertiban bus, angkutan umum, parkir dan bahu jalan. Khususnya di Kota Medan yang masih banyak terdapat bahu jalan sempit ditambah lagi parkir kendaraan yang semrawut. "Yang utama, kami minta adalah parkir yang harus ditertibkan," ujarnya.

Pengoperasian busway ini juga menyaratkan penataan lingkungan dan jalur bahu jalan yang dapat digunakan bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat