visitaaponce.com

Nelayan Camplong Temukan Bangkai Paus Bungkuk Membusuk

Nelayan Camplong Temukan Bangkai Paus Bungkuk Membusuk
Nelayan menemukan bangkai paus di Desa Ngadu Mbolu, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Sumba Tengah, NTT, beberapa waktu lalu.(DOK Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang.)

SEEKOR ikan paus bungkuk ditemukan mati di perairan Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Rabu (30/03). Diperkirakan mamalia laut itu sudah mati sejak tiga hari lalu. Soalnya, sebagian badannya mulai rusak.

Sejumlah nelayan mengatakan, mereka menemukan bangkai paus sepanjang 20 meter itu saat hendak mencari ikan. Awalnya mereka melihat benda yang mirip perahu dengan posisi terbalik. Namun setelah didekati, benda tersebut ternyata bangkai ikan paus.

"Kami tidak curiga benda itu ialah ikan. Ini karena kami tidak melihat kemunculan paus dalam beberapa bulan terakhir," kata Alfin, warga Kecamatan Camplong.

Kepala Satpolair Sampang, Ajun Komisaris Catur Rqharja, mengatakan pihaknya bersama Dinas Kelautan dan Perikakanan Sampang, Koramil dan Polsek Camplong akan berusaha menenggelamkan bangkai ikan tersebut. "Kami sudah mengkaji kemungkinan menarik ke darat, tetapi tidak memungkinkan karena badan bangkai itu terlalu besar dan akan sulit menguburnya. Jadi kami tenggelamkan di tempat," katanya.

Untuk menenggelamkan, kata dia, badan ikan diberi pemberat menggunakan batu karang. Namun hingga Rabu sore, upaya tersebut belum berhasil. 

Para petugas yang dibantu para nelayan, kesulitan memasang pemberat karena sebagian badan paus berada di dalam air, dan membutuhkan tali yang cukup kuat dengan jumlah yang banyak.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol Tahap Dua di Bengkulu Segera Dimulai

"Untuk memasang pemberat tidak mudah karena badan bangkai ikan ini cukup besar. Namun kami akan terus berusaha dengab semaksimal mungkin mengurangi dampak lingkungan," katanya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat