visitaaponce.com

Kebakaran Landa Semak di Kawasan Penfui Kupang

Kebakaran Landa Semak di Kawasan Penfui Kupang
Kebakaran melanda semak di perbukitan Kelurahan Penfui, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6) siang.(MI/Palce Amalo.)

KEBAKARAN semak terjadi di perbukitan di Kelurahan Penfui, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6) siang. Warga setempat menduga sumber api berasal puntung rokok yang dibuang oleh warga melintas di kawasan tersebut sehingga menimbulkan kebakaran besar. 

"Tiba-tiba ada api, kemungkinan dari puntung rokok," kata Anita, mahasiswi yang tinggal tidak jauh dari lokasi kebakaran. Meskipun semak terbakar, tidak terlihat petugas maupun warga yang datang untuk memadamkan api. 

Dua personel TNI yang sedang berpatroli tiba saat api mulai padam. Areal yang terbakar itu dikenal sebagai Bukit Cinta merupakan lahan milik TNI Angkatan Udara.

Adapun kebakaran berlangsung kurang dari satu jam dan api tidak merembet ke lokasi lain karena dibatasi jalan setapak. "Bukit ini sering terbakar tetapi pelaku yang membakar tidak pernah ditangkap," ujar dia.

Baca juga: Jateng dan DIY Berpotensi Banjir Rob, Pemancing Purbalingga Terseret Arus

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, meminta masyarakat waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pasalnya, saat ini NTT memasuki musim kemarau yang ditandai dengan berkurangnya hujan.

Selain itu, alang-alang dan dedaunan yang menutupi lahan hutan dalam kondisi sangat kering dan sangat mudah terbakar. BMKG juga sudah mengeluarkan peringatan ancaman karhutla di seluruh wilayah NTT. Wilayah yang mewaspadai kebakaran yakni Kota Kupang, Rote Ndao, Alor, Timor Tengah Selatan, Kupang, Timor Tengah Utara, dan Nagekeo. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat