visitaaponce.com

Pembayaran Gaji PPPK Guru Di Klaten Lancar

Pembayaran Gaji PPPK Guru Di Klaten Lancar
Ilustrasi(DOK MI)

PEMBAYARAN gaji pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, diklaim lancar dan aman. Jumlah PPPK di lingkungan Pemkab Klaten kini ada 2.062 pegawai yang terdiri dari PPPK guru 1.974 dan PPPK penyuluh pertanian 88 pegawai.

"Pembayaran gaji PPPK guru lancar dan tidak ada masalah," kata Slamet, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Klaten, Rabu (28/9).

PPPK guru di Klaten sebanyak 1.974 pegawai itu adalah formasi 2021. Sedangkan PPPK penyuluh pertanian 88 pegawai formasi 2018. Menurut Slamet, surat keputusan (SK) PPPK guru Dinas Pendidikan Klaten diserahkan pada Mei 2022 dan sudah menerika gaji mulai 1 Juni 2022.

"Jadi, tidak ada masalah dengan gaji PPPK. Karena, gaji pegawai itu  sudah disiapkan atau dialokasikan di APBD," kata Slamet.

Gaji yang diterima PPPK guru Dinas Pendidikan Klaten, disebutkan sekitar Rp3 juta per bulan. Mereka juga mendapat tunjangan keluarga dan 
kesehatan. 

Sebenarnya, lanjut Slamet, Klaten untuk formasi PPPK guru 2021 mendapat alokasi 2.572 guru. Namun, dalam tahap seleksi yang terselesaikan 1.977 guru (3 meninggal). "Untuk kekurangannya sebanyak 585 guru, Insya Allah akan dapat diselesaikan rekruitmennya pada tahun ini," katanya.

Sementara itu, pejabat Dinas Pendidikan Klaten, Guntur SW mengungkapkan bahwa pembayaran honor guru tidak tetap (GTT) juga tidak ada masalah. "Guru honorer dibayar melalui dana BOS atau bantuan operasional sekolah. Alhamdulillah tidak ada masalah," jelasnya. 

Bahkan, lanjut Guntur, ada kebijakan bupati pada 2018 untuk kesejahteraan guru honorer. Sampai sekarang pun uang kesejahteraan itu 
masih diberikan. "Gaji PPPK guru Dinas Pendidikan yang dibayarkan mulai 1 Juni 2022 lewat Bank Klaten," ujarnya.

Salah satu guru, Nuri, menyatakan senang sudah diangkat menjadi PPPK guru. Sebagai guru SMP, gaji yang diterima Rp2,9 juta belum termasuk tunjangan.

"Sebelum diangkat menjadi PPPK guru di SMPN I Ceper, Klaten, saya guru WB (wiyata bakti) 18 tahun sejak 2004," ujar guru bimbingan konseling tersebut.

Data Dinas Pendidikan Klaten, Mei 2022, honorer kategori GTT ada 2.836 orang dan kategori PTT 1.161 orang. Sehingga, honorer kategori GTT/PTT total 3.997 orang. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat