visitaaponce.com

Ribuan Hektare Tanaman Karet Di Kalsel Terserang Virus Daun

Ribuan Hektare Tanaman Karet Di Kalsel Terserang Virus Daun
Pohon karet.(ANTARA)

RIBUAN hektare tanaman karet di Kalimantan Selatan (Kalsel) terserang hama atau virus daun. Hal ini menyebabkan menurunnya produksi getah dan kualitas karet petani.

Sekretaris Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Balangan, Hilmi, Kamis (19/1), mengatakan sebagian tanaman karet petani di wilayahnya terserang virus daun. "Daun tanaman karet terkena virus dengan gejala terjadi bercak pada daun. Selain itu produksi getah karet menurun dan getahnya cair," tuturnya.

Kondisi ini otomatis menurunkan produksi dan kualitas karet sehingga berpengaruh pada harga karet itu sendiri. "KTNA juga melihat masih ada permainan harga oleh para tengkulak (pengepul) yang merugikan petani. Namun di sisi lain karena pengaruh kualitas karet yang memang kurang memenuhi standar," ujarnya.

Saat ini harga karet di tingkat petani berkisar antara Rp5.000-Rp7.000 perkilogram. Kabupaten Balangan merupakan salah satu sentra produksi karet terbesar di Kalsel.

Hal serupa juga diutarakan Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kalsel, Edy Rahmanto yang menyebut para petani karet mengeluhkan rendahnya harga karet saat ini. Selain itu merebaknya serangan virus daun sejak beberapa waktu terakhir hingga kini belum teratasi.

Edy yang juga menjabat Kepala Desa Maburai, Kabupaten Tabalong ini mendesak pemerintah daerah dan dinas terkait untuk segera membantu petani mengatasi serangan hama virus daun ini. Data Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel mencatat luas perkebunan karet di Kalsel mencapai 194.336 hektare dengan produksi 212,6 ribu ton per tahun.

Sebanyak 80 persen kebun karet adalah kebun rakyat. Kabupaten Tabalong memiliki luas lahan terbesar yaitu sekitar 44 ribu hektare dan Balangan 26 ribu hektare. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat