visitaaponce.com

Forest City Solusi Permasalahan Lingkungan Perkotaan

Forest City Solusi Permasalahan Lingkungan Perkotaan
Ilustrasi: Warga berjalan di kawasan hutan kota di Kemayoran, Jakarta Pusat,(MI/Usman Iskandar)

PEMBANGUNAN dengan konsep Forest City (hutan kota) dinlai dapat menjadi solusi mengatasi berbagai permasalahan lingkungan yang dihadapi banyak kota di dunia saat ini, termasuk Kalimantan Selatan.

Hal ini dikemukakan Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Profesor Gusti Muhammad Hatta, Selasa (14/2).

"Kota-kota di dunia saat ini menghadapi permasalahan lingkungan yang serius, termasuk juga di Indonesia dan Kalsel. Pembangunan dengan konsep forest city dapat menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut," kata Gusti.

Gusti M Hatta yang pernah menjabat Menteri Lingkungan Hidup RI dan Menristek RI di era SBY ini menyebut berbagai permasalahan lingkungan global yang saat ini terjadi antara lain sampah baik makanan, sampah plastik dan industri, bahan bakar fosil, ancaman krisis pangan dan air, pemanasan global, deforestasi hingga kutub es mencair. Semua permasalahan ini perlu ditangani secara serius.

Forest city adalah pembangunan perkotaan dengan konsep mengelola dan menjaga ekosistem hutan guna mengantisipasi permasalahan lingkungan seperti perubahan iklim, bencana, keanekaragaman hayati serta polusi.

"Kabupaten/kota di Kalsel pun hendaknya membangun dengan konsep forest city ini," ujarnya.

Baca juga: Hutan Kota Pakansari Bantu Pemda Bogor Tingkatkan Ruang Terbuka Hijau

Sebelumnya pada Reuni Akbar III Fakultas Kehutanan ULM, Gusti Hatta berpesan agar semua alumni Fakultas Kehutanan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pelestarian lingkungan.

"Semuanya sekecil apapun perannya terutama bagi para alumni yang punya jabatan atau pemangku kebijakan," tutur Gusti Hatta.

Pembangunan dengan konsep Forest City telah diterapkan Pemprov Kalsel pada pengembangan kawasan perkantoran provinsi di Kota Banjarbaru seluas 500 hektare. Forest City ini menjadi salah satu unggulan pembangunan bidang kehutanan Pemprov Kalsel saat ini.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat