visitaaponce.com

Dua Gajah Liar Terlihat Di Sijunjung

Dua Gajah Liar Terlihat Di Sijunjung
Gajah liar(DOK MI)

BALI Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat mendapat laporan  dari warga soal kemunculan 2 ekor gajah Sumatra di Nagari Durian Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumbar.

"Laporan oleh warga kemunculan dua gajah Sumatera jantan pada  14 Februari 2023 pada pukul 6.00 WIB," jelas Kepala Balai KSDA Sumbar Ardi Andono, Rabu (15/2).

Menurut Ardi, kemunculan gajah ini merupakan sejarah baru bagi Sumbar setelah tercatat muncul 1980 di Solok Selatan. "Kemungkinan besar gajah ini berasal dari Bungo Jambi, seperti kemunculan tahun 2014 di perbatasan Jambi-Dharmasraya. Kemungkinan besar dari koridor TNKS Jambi," katanya.

Saat ini, sambungnya, BKSDA Sumbar telah berkoodinasi dgn pengelola Geopark Silokek, Dishut prov / KPH Sijunjung, muspika setempat dan juga  Polsek untuk mengantisipasi perburuan. "Lokasi gajah berada di kelola geopark silokek, berupa hutan lindung," ujarnya seraya menambahkan, BKSDA Sumbar membentuk tim pemantau khusus gajah  tersebut dan akan melaporkan perkembangan pada kesempatan pertama. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat