visitaaponce.com

Kuota Pupuk Bersubsidi Babar Tidak Mencukupi

Kuota Pupuk Bersubsidi Babar Tidak Mencukupi
Pupuk bersubsidi.(DOK MI)

KUOTA pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Bangka Barat (Babar), Bangka Balitung tahun dinilai tidak mencukupi, Pasalnya kuota pupuk bersubsidi yang di terima Babar hanya 1.057 ton untuk dua jenis pupuk.

Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Bangka Barat, Khairanis mengatakan  tahun ini, kuota pupuk subsidi untuk Bangka Barat sebanyak 257 ton Urea dan 800 ton NPK.

"Jumlah itu jauh dari cukup. Padahal usulan petani jauh ribuan ton, tapi yang terealisasi hanya segitu,"katanya. Kamis (23/2).

Ia menyebutkan tahun lalu. Babar masih mendapatkan empat jenis pupuk sebanyak 5.133 ton dengan rincian untuk pupuk Urea 3.679 ton, NPK 1.117 ton, dan 87 ton SP36. Amonium Sulfat (ZA) 85 ton dan pupuk organik 165 ton.

Menurutnya pupuk subsidi yang didapat hanya di peruntukan bagi komoditi padi, jagung, kedelai, cabai, bawang putih, bawang merah, tebu, kopi, dan kakao. "Sedangkan untuk kelapa sawit, lada, dan karet tidak ada," jelasnya.

Ia mengaku kementerian pertanian sudah meminta daerah mengurangi jenis pupuk yang bersifat kimiawi,"harus pupuk yang bersifat organik salah satunya memanfaatkan tumbuh-tumbuhan," ucap dia. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat