visitaaponce.com

Wisata Pangandaran akan Terhubung dengan Jalan Lingkar dari Pantai ke Pantai

Wisata Pangandaran akan Terhubung dengan Jalan Lingkar dari Pantai ke Pantai
Pengunjung berenang di pesisir Pantai Barat, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.(Antara/Adeng Bustomi)

KAWASAN wisata Pantai Batukaras, Kecamatan Cijulang dan Pantai Madasari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat terhubung dengan adanya jalan lingkar Pantai.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, mengatakan, untuk jalan lingkar Pantai sudah tersambung dari Pantai Pangandaran hingga Pantai Madasari tetapi jalan dari Pelabuhan Bojongsalawe ke Bandara Nusawiru memang masih belum tersambung.

Namun, anggaran yang digunakan dalam pembangunan jalan itu sebesar Rp121 miliar sampai Madasari tapi awalnya tidak terpikirkan hingga akhirnya bisa rampung. "Keberadaan Jalan lingkar Pantai diharapkan dapat memudahkan para wisatawan dari satu kawasan wisata ke lokasi wisata lain supaya bisa memecah konsentrasi wisatawan menuju Pantai Pangandaran. Karena, selama ini para pengunjung hanya terkonsentrasi ke pantai dengan lintas pantai ini wisatawan akan lebih merata," katanya, Kamis (23/3).

Baca juga : Proyek Jalan Tembus, Bina Marga: Lokasi Awal Kelapa Gading

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Tonton Guntari mengatakan, salah satu tujuan dalam pembangunan Jalan lingkar Pantai ini untuk mengurai kepadatan para wisatawan di Pantai Pangandaran.

Keberadaan jalan di sisi pantai, wisatawan dari Pantai Pangandaran bisa lebih mudah ke Pantai Batu Hiu, Pantai Batukaras, maupun ke Pantai Madasari meski memang sejak dulu sangatlah sulit. "Pengembangan wisata salah satunya dengan pembangunan infrastruktur, kalau dulu kan ke Batu Hiu dari Pangandaran butuh waktu 30 menit, sekarang 10 menit sampai dan selain waktu tempuh dari Batukaras ke Madasari 15 menit, dari yang tadinya 45 menit. Jalan lintas Pangandaran yang selesai dibangun supaya mempermudah para wisatawan yang hendak pergi ke Pantai," ujarnya

Baca juga : Jokowi Resmikan Jalan Akses Labuan Bajo-Golo Mori

Cuma 30 Menit ke Batu Hiu
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, melalui jalan lintas pantai Pangandaran yang biasanya menghabiskan waktu satu jam lebih kini masyarakat maupun pengunjung bisa menempuh perjalanan hanya 30 menit dari pantai Batu Hiu, Pangandaran atau dari Pantai Batukaras ke Pantai Madasari akan lebih tertarik karena aksesnya itu lebih dekat melalui jalan nasional.

"Jalan lintas pantai yang melewati Jembatan Wiradinata Rangga Jipang bagi masyarakat maupun pengunjung supaya bisa menikmati keindahan alam, dan pesisir pantai, sehingga pariwisata di Kabupaten Pangandaran bisa terus berkembang dan semakin baik terutama dalam kemajuan perekonomian masyarakat," pungkas Bupati Pangandaran. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat