visitaaponce.com

Rahasia Durian Musang King Gadog Farm, Pakai Biocycle

Rahasia Durian Musang King Gadog Farm, Pakai Biocycle 
Gadog Farm.(Dokumentasi pribadi.)

SIAPA yang tidak mengenal durian? Durian merupakan buah dengan aroma khas serta rasa yang kuat. Durian memiliki jenis yang beragam, salah satunya yaitu musang king. 

Durian musang king (Durio zibethinus) ialah jenis durian yang sangat terkenal di Asia Tenggara, terutama Malaysia. Kamu harus tahu, musang king dikenal dengan rasa yang manis, lembut, dengan aroma kuat dan khasnya. Tidak heran jika banyak orang yang datang ke Malaysia hanya untuk mencicipi rasa durian ini.

Sekarang tidak perlu pergi jauh ke Malaysia, kamu bisa menikmati durian musang king secara langsung di Gadog Farm. Terletak di Desa Sukakarya, Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Gadog Farm menyajikan budi daya musang king berbasis eduwisata yang menjual hasil pertaniannya secara langsung di Hortikul Coffee. Jadi selain bisa groceries shopping bareng keluarga, kamu juga bisa belajar budi daya durian bersama ahlinya. 

Baca juga: Perawatan KA di Balai Yasa Yogyakarta Ditargetkan Selesai 10 April

Budi daya musang king ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Perlu perawatan khusus agar buah yang dihasilkan mempunyai kualitas premium. Salah satu penunjang agar mendapatkan hasil buah yang maksimal yaitu dengan cara memilih bibit unggul ketika budi daya durian musang king. "Gadog Farm membeli bibit langsung di Malaysia biar kualitas buah yang dihasilkannya maksimal," jelas Windiartaji, Grower Specialist Durian Gadog Farm, saat ditemui langsung oleh tim Biocycle, Senin (3/4). 

Bukan hanya itu, dalam budi daya sendiri musang king harus disilangkan dengan durian jenis lain seperti montong, ochee, dan D24. "Artinya musang king tidak akan memengaruhi rasa karena efek Xenianya rendah sekali. Jadi walaupun disilangkan dengan montong atau ochee tetap rasa musang king khasnya," ucapnya.

Baca juga: Sambut Libur Lebaran, Padang Siapkan 7 Acara dalam Festival Muaro

Tidak hanya pemilihan bibit serta durian jenis lain yang akan disilangkan, pupuk menjadi salah satu tombak untuk menghasilkan tanaman sehat dan buah yang bagus. Dalam budi daya musang king, Gadog Farm memilih pupuk dengan kandungan amino untuk beberapa penerapan, seperti memunculkan bunga, pembungaan, pengisian buah, dan buah itu sendiri. "Durian musang king di Gadog Farm memakai pupuk Bestico Soil Booster (BSB) dari Biocycle. Bestico punya asam amino dan fitohormon, sehingga bagus ketika digunakan ke tanah karena dibutuhkan dalam pembungaan, pembentukan pentil buah, sampai pengisian awal. Bestico sangat membantu dalam pertumbuhan durian, sehingga disarankan untuk selalu digunakan ketika budi daya tanaman," lanjutnya.

Bestico ialah pupuk fungsional mikroba tanah yang diproduksi langsung oleh PT Bio Cycle Indo terdiri dari berbagai jenis mikroorganisme bermanfaat serta fitohormon yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. "Bestico cocok untuk diaplikasikan ke beberapa tanaman di antaranya buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman hias, dan tanaman biofarmaka. Jadi tidak hanya untuk tanaman durian," ucap Yohanes Teguh Wijaya, Head Sales dan Marketing PT Bio Cycle Indo. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat