visitaaponce.com

Anak Wapres RI Titip Mahasiswa Masuk Unila Lewat Karomani

Anak Wapres RI Titip Mahasiswa Masuk Unila Lewat Karomani
Terdakwa Karomani saat menjadi saksi dalam sidang kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Unila di PN Tipikor Tanjung Karang..(Lampost.co/Putri Purnama)

TERDAKWA kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila) Karomani menjadi saksi dalam persidangan atas terdakwa M Basri, Kamis (6/4), di PN Tipikor Tanjung Karang.

Saat duduk di bangku saksi, Karomani dicecar pertanyaan oleh Jaksa Penuntut KPK. Salah satunya Jaksa Penuntut meminta Karomani menjelaskan barang bukti berupa daftar nama penitip mahasiswa. 

Bukti daftar nama-nama itu berisi puluhan nama mahasiswa lengkap dengan NIK, pilihan universitas, hingga nama yang menitipkan mahasiswa kepada pejabat-pejabat Unila, termasuk Rektor. 

Baca juga: Banyak Fakta Menarik Di Persidangan Kasus Unila, KPK Bakal Kaji Pengembangan

Dari puluhan nama yang ada di dalam daftar itu, pada baris ke 12 tertera nama mahasiswa Mohamad Fadhli Jonis dengan pilihan pertama di Fakultas Kedokteran Unila dan pilihan kedua UINJ Prodi Kedokteran. Mahasiswa itu dalam keterangan tertulis, "Anak Wapres/Rektor".

Mengenai hal itu, Jaksa Penuntut KPK Agus Prasetia Raharja mengatakan Karomani, yang saat ini menjadi saksi dalam persidangan, harus mampu menjelaskan peran nama-nama pejabat itu. 

"Ini kan banyak nama-nama besar, saudara saksi Karomani harus menjelaskan agar tidak terjadi fitnah," kata Jaksa Agus. 

Baca juga: Mantan Ketua PWNU Lampung Sumbang Gedung LNC Milik Karomani Rp300 juta

"Ini saksi ketemu langsung sama Wapres atau gimana," lanjut Jaksa kepada Karomani. 

"Tidak, anaknya yang bertemu saya. Karena kami sama-sama orang Banten. Anaknya yang bernama Siti Ma'rifah (Putri Sulung Wakil Presiden RI, Siti Ma'rifah Ma'ruf Amin)," ungkap Karomani. 

Namun, Karomani menegaskan mahasiswa titipan anak Wapres itu tidak lolos seleksi SBMPTN. Namun, dia lolos seleksi jalur mandiri atau SMMPTN. 

"Tapi anak itu tidak lulus SBMPTN, lulus jalur mandiri dan tidak kasih saya apa-apa," ujar Karomani. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat