visitaaponce.com

Ribuan Umat Katolik Ikut Ibadah Jalan Salib di Pelataran Taman Doa Kapela Tuhan Maninu

Ribuan Umat Katolik Ikut Ibadah Jalan Salib di Pelataran Taman Doa Kapela Tuhan Maninu
Umat Katolik mengikuti prosesi Jalan Salib di Pelataran Taman Doa Kapela Tuan Maninu Kota Rewido, Flores Timur, NTT.(Metro tv/ Fransiskus Gerardus Molo)

RIBUAN umat Katolik Paroki Sanjuan Lebao Tengah, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) serta para peziarah dari berbagai daerah mengikuti ibadah Jalan Salib memperingati perayaan Jumat Agung atau peristiwa wafatnya Yesus Kristus, Jumat (7/4).

Ibadah Jalan Salib itu digelar mulai pukul 06.00 Wita dipimpin oleh Pastor Paroki Sanjuan RD Silvinus Sabon Helan di Pelataran Taman Doa Kapela Tuan Maninu Kota Rewido. Ibadah Jalan Salib itu digelar di alam terbuka.

Umat Katolik, yang terdiri atas kaum muda maupun orang tua serta peziarah dari berbagai daerah hingga mancanegara, terlihat khusyuk larut dalam kisah sengsara Yesus Kristus yang mendapatkan siksaan sepanjang perjalanan. Tidak sedikit umat yang meneteskan air mata saat mengikuti prosesi Jalan Salib. 

Baca juga: Basarnas Maumere Siapkan Siaga SAR Khusus Prosesi Laut Semana Santa

Silvinus menyampaikan kesannya terhadap pelaksanaan kegiatan Semana Santa 2023 setelah dua tahun tidak bisa digelar karena pandemi covid-19.

Semana Santa digelar kembali pada 2023 setelah Uskup Mgr Fransiskus Kopong Kung Pre memutuskan bahwa prosesi perayaan Paskah itu bisa digelar kembali.

Menurut Silvinus, umat sangat antusias melaksanakan kegiatan Semana Santa baik umat di Keuskupan Larantuka dan para peziarah yang datang dari berbagai daerah dan wilayah bahkan dari mancanegara.

Baca juga: Tradisi Rabu Trewa di Larantuka, Pukul Tiang Listrik dan Seret Seng di Jalan

"Kegiatan semana santa di Kapela Tuhan Maninu ini dimulai dengan ibadah jalan salib tematis di Taman Doa Tuhan Maninu," kata Silvinus.

Dia menambahkan umat sangat antusiasme dan sungguh terlibat dalam kegiatan ibadah Jalan Salib ini dan juga tetap terlibat dalam kegiatan devosional yang dilanjutkan dengan upacara Antar Tuan dari Kapela Tuan Meninu ke Pantai Kuce untuk acara prosesi laut.

Usia upacara Jalan Salib, umat dan peziarah diberikan kesempatan untuk Cium Tuhan diiringi doa dan nyanyian dari 14 KBG dan dilanjutkan dengan Upacara Persiapan Prosesi Laut (Anta Tuhan). (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat