visitaaponce.com

Desa Burai Jadi Destinasi Wisata Andalan Ogan Ilir

Desa Burai Jadi Destinasi Wisata Andalan Ogan Ilir
Desa Burai di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan(MI/Dwi Apriani)

DESA Burai yang berada di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan memiliki pesona alam yang cukup menarik. Desa ini dikenal sebagai desa wisata yang sudah cukup popular dan menjadi destinasi andalan bagi masyarakat setempat.

Saat memasuki desa ini, wisatawan langsung dimanjakan dengan warna-warni rumah warga yang tersebar di penjuru desa. Tiap objek warna-warni di sini jadi daya tarik wisatawan untuk berswafoto ria.

"Alhamdulillah, sekarang Desa Burai ini makin dikenal wisatawan. Dan sudah beberapa kali mendapat anugrah desa wisata dari pemerintah pusat. Karenanya kami juga fokus pada upaya mengembangkan destinasi wisata di desa ini," ucap Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar.

Baca juga : Jawa Timur Siapkan Paket Desa Wisata Untuk Pemudik

Ia menjelaskan, kreativitas yang dimiliki para warga tak hanya menyulap desanya menjadi tempat wisata warna-warni, melainkan juga memanfaatkan sungai yang ada. Sungai Kelekar yang ada di desa tersebut, disulap oleh warga desa menjadi wisata air.

"Jadi, selain para pengunjung bisa berfoto ria sembari menikmati pemandangan warna-warni, mereka juga bisa berkeliling sungai. Selain itu, kami juga sudah membangun akses jalan yang memadai untuk menuju ke Desa Burai ini sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung," ucapnya.

Baca juga : Pemuda Mahasiswa Nusantara Rangkul Masyarakat Sumatra Selatan

Desa Burai juga merupakan desa ekowisata. Desa ini memiliki luas wilayah sekitar 2.666 kilometer persegi.

"Tidak hanya mengandalkan wisata alamnya, masyarakat di desa ini juga sudah terampil untuk menyajikan karya yang bisa dijual sebagai oleh-oleh kas desa tersebut. Seperti, kerajinan kain songket hingga souvenir tas, topi dan sandal dari purun," tuturnya.

"Ini juga yang membuat perekonomian masyarakat di Desa Burai makin meningkat. Selain itu, gaya hidup masyarakat Desa Burai juga semakin membaik. Desa ini tidak lagi memiliki sanitasi yang buruk, sebanyak 1.976 jiwa penduduk di Desa Burai memiliki pola hidup yang lebih bersih dan sehat," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat