visitaaponce.com

Ibu Kota Nusantara Beri Banyak Peluang untuk Pemuda Kalimantan

Ibu Kota Nusantara Beri Banyak Peluang untuk Pemuda Kalimantan
HUNIAN PEKERJA DI IKN NUSANTARA DI PENAJAM PASER UTARA, KALTIM.(Antara)

PERGURUAN Tinggi di Balikpapan, Kalimantan Timur, siap mendidik para pemuda menyongsong kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu disampaikan Rektor Universitas Balikpapan (Uniba), Isradi Zainal pada gelaran diskusi pemuda yang digagas Forum Muda Inspiratif Balikpapan (FMIB).

Menurutnya, kehadiran IKN memberi banyak peluang bagi pemuda-pemudi di Kalimantan Timur (Kaltim). Untuk itu, dia menegaskan, pemuda harus siap mengawal pembangunan dan memaksimalkan peluang kerja hingga peluang usaha di IKN.

"Pemindahan IKN ini terjadi karena keharusan sejarah. Sejak zaman Bung Karno, Pak Harto dan Pak SBY sudah mencanangkan akan memindahkan IKN. Sebagai pemuda, kita wajib mendukung dan memaksimalkan peluang agar tidak ketinggalan," katanya, Senin (10/4).

Baca juga : Rakyat Diajak Pilih Logo Ibu Kota Nusantara, Berhadiah Motor Listrik

Untuk menciptakan SDM yang berkualitas, Isradi menegaskan semua perguruan tinggi di Kaltim khususnya Balikpapan harus meningkatkan daya saing dengan perguruan tinggi diluar yang sudah besar secara nama dan kualitas.

"Perguruan tinggi di Kaltim harus berbenah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga dapat dirasakan kontribusi lulusan perguruan tinggi di Kaltim. Utamanya dalam pembangunan IKN," ujarnya.

Baca juga : Sistem MLFF Bakal Diterapkan di Ruas Tol IKN

Selain itu, Isradi menegaskan baik pemerintah dan Badan OIKN harus memerhatikan masyarakat lokal yang ada. Sehingga masyarakat lokal memiliki peran dalam pembangunan IKN. "Agar mereka tidak menjadi penonton," tandasnya.

Senada, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi (PT) Balikpapan, Agung Syahrir menyebut IKN adalah anugerah bagi pemuda Kaltim. Pasalnya, IKN menghadirkan banyak peluang kerja dan usaha bagi warga Kaltim.

"Banyak yang harus dimaksimalkan.  Dengan adanya IKN banyak sekali peluang yang bisa kita dapatkan disana. Dari peluang bekerja sampai dengan peluang usaha di IKN," ujarnya.

Dijelaskan dia, untuk memaksimalkan rencana itu, pemuda harus meningkatkan skill yang dimiliki. Terlebih, saat ini Badan Otorita IKN dan pemerintah tengah gencar mengadakan beragam pelatihan.

"IKN jadi, akan banyak kompetitor kita dari luar, mereka pasti memiliki soft dan hard skill yang sangat bagus. Kita akan bersaing di situ. Pembangunan IKN ini kita juga harus fokus dalam pengembangan SDM yang ada di Kalimantan Timur," pungkasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat