visitaaponce.com

Sistem MLFF Bakal Diterapkan di Ruas Tol IKN

Sistem MLFF Bakal Diterapkan di Ruas Tol IKN
Foto aerial hunian pekerja konstruksi IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (16/3/2023)(ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

KEPALA Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) Danang Parikesit mengatakan, nantinya semua ruas tol baru yang ada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menerapkan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

"Pastinya nanti, untuk ruas-ruas tol di IKN semuanya akan menggunakan sistem MLFF ini," kata Danang dalam acara Seminar "Pemanfaatan Keandalan Data Elektronik Kepemilikan Kendaraan dalam Penegakan Hukum pada Pelaksanaan MLFF" di Jakarta, Senin (20/3).

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan, pihaknya juga sudah memberikan usulan kepada Menteri PU-Pera terkait salah satu jalan tol yang akan menggunakan sistem MLFF, yaitu jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Baca juga: Presiden Apresiasi Dukungan Pembangunan IKN

"Kemungkinan untuk jalan tol yang kami usulkan kepada Menteri PU-Pera adalah jalan tol Balikpapan-Samarinda," tuturnya.

Danang mengatakan, penerapan sistem ini bertujuan untuk mendukung sistem digitalisasi dan teknologi terbaru di IKN Nusantara.

Baca juga: IKN Mendapat Hibah dari Korea Selatan

Selain itu, BPJT Kementerian PU-Pera juga sudah mengidentifikasi ada enam ruas tol yang akan diuji coba MLFF, yakni Jagorawi, Jakarta-Cikampek, Dalam Kota, Jakarta Outer Ring Road (JORR) termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong, Bali-Mandara, dan Balikpapan-Samarinda.

Danang mengatakan uji coba akan dilakukan secara bertahap dengan pengguna selama masa transisi bisa langsung bertransaksi melalui sistem MLFF menggunakan aplikasi tanpa melewati palang tol. Namun gerbang untuk transaksi non-tunai konvensional tetap beroperasi.

"Dengan MLFF, maka sistem transaksi tol akan lebih cepat karena pengguna tidak perlu lagi berhenti untuk menempelkan kartu elektronik, sehingga dapat mengurangi antrean di gerbang tol. Selain itu, MLFF membuat biaya operasional pengumpulan tol semakin efisien," ujar Danang.

BPJT sendiri berencana aka melakukan uji coba transisi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau MLFF pada 1 Juni mendatang di Bali. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat