visitaaponce.com

Kelompok Pecinta Alam Tanam 1000 Terumbu Karang di Pantai Tepi Kota Larantuka

Kelompok Pecinta Alam Tanam 1000 Terumbu Karang di Pantai Tepi Kota Larantuka
Kelompok pecinta alam menanam bibit terumbu karang di pantai Larantuka.(Dok. MetroTV/Fransiscus)

KELOMPOK pencinta alam di Kota Larantuka melakukan kegiatan penanaman 1000 bibit terumbu karang di tepi pantai Kuce, Larantuka. Penanaman terumbu karang itu merupakan bagian dari Festival Bale Nagi yang dilakukan warga sekitar, yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Ketua kelompok pecinta alam, Rofinus Monteiro mengatakan tujuan dari penanaman 1000 terumbu karang itu untuk mendorong partisipasi masyarakat pesisir dan nelayan dalam menjaga dan melindungi kelestarian laut. Transplantasi terumbu karang diharapkan dapat mengkonservasi terumbu karang yang telah rusak demi dapat terciptanya kelestarian lingkungan laut. Selain itu juga untuk menanam kembali bibit terumbu karang agar terjadi regenerasi terumbu karang yang baru.

Baca juga: Komandan Korem Pantau Langsung Prosesi Semana Santa di Flores Timur

"Terumbu karang menjadi tempat hidup ikan sebagai sumber pangan, sebagai pelindung pesisir dan pantai, dan sarana rekreasi. Semakin banyak yang peduli, laut kian terjaga," ungkapnya, Sabtu, (15/4).

Untuk melakukan penanaman bibit terumbu karang tersebut, kelompok Pencinta Alam mengandeng beberapa komunitas yang ada di Kota Larantuka dan dari luar kota. Mereka juga menggandeng beberapa Anggota Kodim 1624/Flotim bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bersama.

Baca juga: Ribuan Peziarah Ikut Antar Tuan Meninu dalam Prosesi Seman Santa

Lebih lanjut Rofinus Monteiro menyampaikan baik pemerintah, komunitas pecinta alam, maupun masyarakat harus memiliki rasa kepedulian serta gerakan nyata untuk melestarikan lingkungan.

"Untuk itu kegiatan penanaman terumbu karang ini hendaknya menjadi salah satu langkah strategis kedepan demi terwujudnya keindahan pantai tepi kota" jelasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat