visitaaponce.com

Gelombang Pemudik Terus Masuki Jateng

Gelombang Pemudik Terus Masuki Jateng
Sejumlah peserta Mudik Gratis Sepeda Motor dari Jakarta turun dari KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.(ANTARA/AJI STYAWAN)

MOBILITAS pemudik terus berlangsung sejak awal pekan ini di Jateng dengan menggunakan berbagai moda transportasi. Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jateng mencatat sudah ada 28.048 orang yang akan melakukan perjalanan udara.

"Masih ada pergerakan 7,772 penumpang yang berdatangan dan berangkat hingga H-2 ini (ke Bandara Ahmad Yani)," kata General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Hardi Ariyanto.

Berdasarkan data Hardi, jumlah penumpang itu berasal dari 246 penerbangan. Jika dibedah, 11.080 orang berangkat dan 16,968 orang tiba di Bandara Ahmad Yani. Ada penaikan sekitar 18% dibandingkan tahun lalu.

Di Pelabuhan Tanjung Emas, KM Leuser dari Pelabuhan Sampit membawa ribuan penumpang yang, Dia menyusul KM Lawit yang lebih dulu merapat di dermaga. Dijadwalkan KM Lawit dari Kumai kembali datang pada Jumat (21/4) dengan 1.000 penumpang.

Baca juga: Jateng Mulai Dipadati Pemudik

"Pergerakan penumpang mudik lebaran masih berlanjut, pemudik masih akan datang hingga lebaran besok," ujar General Manager Pelindo Cabang Tanjung Emas Semarang Hardianto.

Jumlah pemudik menggunakan moda kapal laut di Pelabuhan Tanjung Emas, lanjut Hardianto, diperkirakan mencapai 180 ribu-200 ribu orang atau ada peningkatan hingga 30% dibanding Lebaran musim lalu. "Angkuran mudik
masih lancar dan aman, sudah ratusan ribu  pemudik dari Kalimantan maupun Jakarta sudah merapat di sini," imbuhnya.

Sementara di beberapa terminal bus dan stasiun kereta api di beberapa daerah di Pantura, gelombang pemudik juga terus berdatangan sejak dini hari tadi. "Alhamdulillah sudah sampai Pekalongan sejak subuh, sempat tersendat saat keluar Jakarta," ujar Marini, seorang pemudik dari Jakarta di Terminal Pekalongan.

Baca juga: Destinasi Wisata Tersebar di Jalur Mudik

Rudi, pemudik dari Tanjung Karang, Lampung, mengaku akan menuju Ambrawa ketika dijumpai di Terminal Mangkang, Semarang. Meski tiket naik, namun dia tetap bersyukur karena dapat pulang ke kampung halaman saat Lebaran ini. "Lebaran tahun lalu saya tidak pulang, cukup lelah perjalanan mudik ini," ungkapnya.

Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang Ixfan Hendri Wintoko mengatakan arus penumpang mudik di beberapa stasiun menjadi wilayah kerja Daop IV masih terus terlihat hingga usai Lebaran. Di periode 12-17 April kemarin di beberapa stasiun, jumlah penumpang disebutkan Ixfan yang tiba mencapai 93.731 orang dan yang berangkat 82.381 orang. Sudah 98.185 tiket terjual hingga Selasa (18/4). (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat