visitaaponce.com

Rob di Semarang Sebabkan Banyak Perusahaan Pindah dari Pantura

Rob di Semarang Sebabkan Banyak Perusahaan Pindah dari Pantura
Foto udara sejumlah truk mengantre untuk menembus rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (20/6/2022).(ANTARA/AJI STYAWAN)

DAMPAK banjir air laut pasang (Rob) menjadi langganan di pantura Jawa Tengah, perusahaan dan industeri di kawasan Tanjung Emas Semarang mulai hengkang dan ribuan karyawan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dari pantauan Media Indonesia pada Selasa (2/5) banjir rob masih menjadi ancaman serius berbagai daerah di pantura Jawa Tengah seperti Demak, Semarang, Kendal dan Pekalongan, dampaknya tidak hanya warga berada hingga radius 3-7 kilometer dari bibir pantai, juga pada kawasan industeri.

Satu lagi pabrik di kawasan Tanjung Emas hengkang akibat rob di pantura, yakni PT Fuji Metec yang telah menutup kegiatan operasional pabrik di kawasan tersebut karena rob yang telah menjadi langganan.

Baca juga: Banjir Rob Hadang Pemudik di Jalur Pantura Demak

"Sebetulnya cukup banyak perusahaan pindah dari kawasan itu karena rob, tidak ada yang dapat memastikan banjir laut pasang berhenti," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jateng Frans Kongi.

Penutupan perusahaan akibat dampak banjir rob bukanlah hal baru. Sebelumnya banyak perusahaan merasa sudah tidak ada keuntungan lagi jika beroperasi di pantura dan memilih pindah lokasi.

Baca juga: BMKG: Waspada, Gelombang Sedang dan Banjir Rob Daerah Pesisir Jateng

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang Sutrisno membenarkan bahwa PT Fuji Metec memilih pindah dari kawasan Tanjung Emas tersebut akibat banjir rob. Ratusan pegawai telah di PHK serta mendapatkan pesangon sesuai aturan berlalu.

"Iya satu lagi pabrik tutup karena rob, hal itu mengakibatkan 500 lebih pekerja pekerjanya terpaksa terkena PHK," ujar Sutrisno. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat