visitaaponce.com

Jawa Timur dan Jambi Waspadai Titik Rawan Kebakaran Hutan

Jawa Timur dan Jambi Waspadai Titik Rawan Kebakaran Hutan
Ilustrasi(Antara)

BADAN Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, melakukan pemetaan sejumlah wilayah yang menjadi titik rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Ada tujuh titik rawan kebakaran hutan di Jatim," kata Kepala Pelaksana BPBD Jatim Gatot Soebroto di Surabaya.

Ia menjelaskan daerah yang ditetapkan rawan kebakaran itu merupakan bekas lahan hutan yang pernah terbakar pada 2022 kemarin.

Baca juga : Lima Kabupaten Rawan Karhutla, Kalsel Terjunkan Satgas ELang Darat

Di antara tujuh titik rawan itu, ungkapnya, lokasi paling tinggi potensi karhutlanya ialah Situbondo dengan 33 titik rawan. Disusul kabupaten Madiun dengan 17 titik rawan dan kabupaten  Jombang dengan 15 titik rawan. "Selain itu ada Pasuruan, Pamekasan, Kediri, dan Bojonegoro," katanya.

Sebagai langkah antisipasi mencegah kebakaran lahan di musim kering, terangnya, pihak BPBD Jatim membuka posko kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), melakukan komunikasi dengan instansi terkait seperti TNI, Polri, Perhutani dan Dinas Kehutanan serta relawan pecinta lingkungan. "Juga berkoordinasi dengan pihak PU Pengairan serta Dinas Pertanian guna menjaga debit air di bendungan yang dimanfaatkan untuk pengairan persawahan," ujar Gatot.

Baca juga : Karhutla, BRIN Persiapkan Modifikasi Cuaca di Jambi Selama 12 Hari

Kemudian pihak Pemprov juga menyiapkan SK Siaga Darurat Karhutla guna mengantisipasi apabila akan dilakukan Teknologi Modifikasi Cuaca. Surat Siaga itu sedang disusun pihaknya dan bakal dikirim langsung oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim ke pemerintah pusat. "Kita tunggu bagaimana nanti arahan pusat," pungkasnya.

Jambi siaga karhutla

Kewaspadaan juga dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi. Kapolda Jambi Inspektur Jenderal Rusdi Hartono mengatakan pihaknya memang mendeteksi keberadaan titik panas, namun masih sedikit.

"Untuk hotspot terdeteksi ada, namun relatif sedikit. Untuk titik api (hotfire) belum ada terdeteksi, karena cuaca jambi terkadang panas,
terkadang hujan. Polda Jambi dan jajaran senantiasa mengawasi ancaman karhutla ini," kata Kapolda Jambi lewat Direktur Reserse Kriminal Khusus Komisaris Besar Christian Tory, Rabu (3/5).

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto menambahkan, fokus pengawasan dan antisipatif terhadap ancaman karhutla di wilayah hukum Polda Jambi sudah dilakukan sejak jauh hari. "Polda Jambi akan mempersiapkan personel untuk satgas karhutla, dan
dalam waktu dekat direncanakan akan dilakukan gelar pasukan," kata Mulia Prianto.

Kondisi serupa diakui Pelaksana Harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Dody Chandra. Kendati relatif masih terkendali, beberapa kabupaten sudah menaikkan status kebencanaan menjadi siaga karhutla.

Ia menyampaikan, di tengah cuaca yang masih diwarnai turunnya hujan cukup lebat di beberapa wilayah Jambi, beberap titik panas ada terdeteksi. Namun masih terkendali dan belum mengkhawatirkan.

BPBD Jambi mewaspadai sejumlah titik rawan karhutla seperti kawasan lahan gambut di pesisir timur Jambi -- Kabupaten Muarojambi, Tanjungjabung Timur dan Kabupaten Tanjungjabung Barat-- yang dipetakan paling rawan terbakar saat musim kering. (SL/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat