visitaaponce.com

3.036 Nama Dicoret dari Daftar Pemilih Sementara Kota Semarang

3.036 Nama Dicoret dari Daftar Pemilih Sementara Kota Semarang
Siswa memasukan surat suara kedalam kotak suara saat mengikuti pemilihan ketua OSIS dengan sistematika Pemilihan Umum.(ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA)

RIBUAN nama dalam daftar pemilih sementara (DPS) Kota Semarang dicoret. Kini dalam DPS hasil perbaikan (DPSHP) tersisa 1.241.930 nama yang berhak mencoblos di Pemilu 2024.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menetapkan DPSHP untuk Pemilu 2024 sebanyak 1.244.966 pemilih.

Sebanyak 3.036 pemilih telah dicoret dari DPS karena beberapa di antaranya meninggal dunia dan ganda. "Setelah adanya koreksi data ganda maupun data pemilih yang meninggal dunia jumlah dalam DPSHP turun," kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom.

Baca juga: DPS Pemilu 2024 OKI Sebanyak 568.256 Jiwa

Bahkan jumlah tersebut dimungkinkan masih akan turun, lanjut Henry, mengingat proses perbaikan data masih berlangsung. "Kami menerima masukan dari masyarakat," tambahnya.

Henry mengatakan pihaknya juga berusaha menjaga hak pilih dan bukan hanya melakukan koreksi terhadap mereka yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Baca juga: Jangan Takut! Begini Cara Melaporkan Pelanggaran Pada Pemilu 2024

Koreksi dan masukan dari Bawaslu terkait ratusan daftar pemilih bermasalah juga sudah diperbaiki, ungkap Henry, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Henry menegaskan pencoretan nama di DPS tidak dilakukan semena-mena karena berdasarkan bukti. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat