visitaaponce.com

Operasional Kereta Bandara Medan Diperpanjang Sampai Stasiun Binjai

Operasional Kereta Bandara Medan Diperpanjang Sampai Stasiun Binjai
Petugas kebersihan melintas di samping kereta api Railink di Stasiun Besar Medan, Sumatra Utara.(ANTARA/Fransisco Carolio)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terus mendorong pengembangan angkutan massal perkotaan di Medan. Salah satunya yaitu pengoperasian kereta dari Bandara Internasional Kualanamu yang diperpanjang hingga ke Stasiun Binjai.

Kemenhub menyebut, saat ini, kereta bandara dari Bandara Internasional Kualanamu sudah beroperasi hingga Stasiun Medan. Dengan diperpanjang hingga Stasiun Binjai, maka ada penambahan perjalanan sepanjang 23 km.

Menhub mengatakan, akan terus meningkatkan headway atau waktu tunggu antarkereta bandara menjadi 15 menit sekali.

Baca juga: Aksi Kawanan Begal Sadis di Medan Terekam CCTV

“Kami ingin memberikan kesempatan saudara kita yang di Binjai bisa langsung ke Bandara menggunakan kereta. Insyaallah bisa kita laksanakan pada Desember ini,” ujar Menhub dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (17/6).

Selain kereta bandara, untuk mendorong transportasi massal perkotaan, Menhub mengatakan, ke depan akan dioperasikan pula kereta api dari Stasiun Binjai–Stasiun Besitang hingga Stasiun Sei Sirah sepanjang 88,55 km.

Kereta tersebut akan melewati sembilan stasiun antara lain Stasiun Binjai, Kuala Bingai, Stabat, Tanjung Selamat, Tanjung Pura, Gebat, Pangkalan Brandan, Besitang, juga Sei Sirah, dengan total waktu tempuh kurang lebih 2 jam 38 menit serta kapasitas lintasan 65 kereta dan 530 orang per hari.

Baca juga: Peserta UTBK di Sumut dan Bengkulu Kedapatan Curang

"Kami ingin memastikan fasilitas angkutan massal komuter di Kota Medan dan sekitarnya ada peningkatan agar penggunanya juga semakin meningkat dan memberikan kemudahan bermobilitas masyarakat," ujar Menhub. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat