visitaaponce.com

Proses Laporan Pemerasan, JAM-Was Turunkan Tim Periksa Oknum Jaksa di Buton

Proses Laporan Pemerasan, JAM-Was Turunkan Tim Periksa Oknum Jaksa di Buton
Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan, Ali Mukartono(Antara Foto/Puspa Perwitasari)

JAKSA Agung Muda Bidang Pengawasan (JAM-Was) Ali Mukartono mengaku sudah membentuk tim untuk memproses laporan dugaan pemerasan yang dilakukan oknum jaksa di Kejaksaan Negeri Buton, Sulawesi Tenggara.

Menurut Ali, tim pemeriksa akan diterbangkan pada Senin (29/5) mendatang ke Buton. Tim ini akan memeriksa para pihak yang diduga ada keterkaitan dengan laporan. "Iya nanti kita periksa. Semua akan kita tindaklanjuti," kata Ali di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (26/5).

Selain melakukan pemeriksaan di Buton, Ali juga menyebut akan ada pihak dari Kejari Buton yang dipanggil ke Jakarta. Namun, dia enggan merinci siapa saja yang akan diperiksa.

Ali menegaskan pada prinsipnya materi laporan tersebut sudah dipahami persoalannya. Oleh karena itu tim akan memeriksa kebenaran laporan dengan mengecek buktinya.

"Jadi jika ada pelanggaran, baik etik atau pidana, tidak ada toleransi. Kita sudah dapat kepercayaan dari masyarakat, ini kita jaga," kata Ali mengutip pesan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Baca juga: Mantan Bupati Laporkan Oknum Jaksa di Buton ke Jaksa Agung

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana, mengatakan Jaksa Agung akan melakukan tindakan-tindakan tegas terhadap siapa pun oknum jaksa yang kedapatan melakukan penyalahgunaan kewenangan dan tindakan tercela.

"Apabila terbukti itu ada unsur tindak pidana, Pak Jaksa Agung tidak segan-segan membawa ke ranah pidana. Mengenai laporan yang sudah disampaikan, kalau belum jelas silakan laporan tertulis kepada kami, pada pimpinan kami," kata dia.

Kasus pemerasan yang dikabarkan melibatkan oknum jaksa kembali terjadi. Sebelumnya, seorang jaksa di Kejaksaan Negeri Batubara, Sumatra Utara, berinisial EKT dicopot dari jabatannya karena diduga memeras seorang guru sekolah dasar.

Teranyar, oknum Kejari Buton di Sulawesi Tenggara, diduga melakukan pemerasan terhadap pejabat pemerintah daerah setempat. Hal ini terungkap dari surat mantan Bupati Buton Selatan La Ode Arusani dan Penjabat Bupati Buton Selatan La Ode Budiman yang beredar di media sosial.

Keduanya mengirimkan surat pengaduan sekaligus perlindungan hukum kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin. Dalam surat tertanggal 4 April 2023, mereka melaporkan dugaan pemerasan dan penyalahgunaan kewenangan Kajari Buton.

Isi surat tersebut merinci indikasi pemerasan oleh oknum Kejari Buton dengan modus melakukan penyelidikan perkara korupsi. Maklum, Kejari Buton saat ini tengah menyelidiki dugaan rasuah dalam kegiatan belanja jasa konsultasi penyusunan dokumen studi kelayakan Bandar Udara Cargo dan Pariwisata pada Dinas Perhubungan di Kecamatan Kadatua, Buton Selatan TA 2020. (J-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat