visitaaponce.com

Pemkab Purwakarta kerahkan Relawan Atasi Karhutla

Pemkab Purwakarta kerahkan Relawan Atasi Karhutla
Ribuan relawan untuk menanggulangi potensi bencana alam dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah disiapkan Pemkab Purwakarta.(MI/Reza)

PEMERINTAH Daerah Kabupaten Purwakarta menyiapkan ribuan relawan untuk menanggulangi potensi bencana alam dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dampak dari fenomena alam El Nino.

Kesiapan pengerahan para relawan itu ditunjukan melalui Apel Besar Desa Tangguh Bencana (Destana) Antisipasi Bencana Alam Dan Karhutla, di Alun-alun Kian Santang, Pesanggrahan Padjajaran, Kabupaten Purwakarta, Senin (26/6).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta, mencermati perkembangan cuaca melalui Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baca juga: Sudah 12 Hari Hutan di Aceh Terbakar, Api Menjalar Begitu Cepat

Menurut Anne Ratna Mustika, sebagai upaya pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan harus terus menerus dilakukan untuk mencegah bencana alam akibat fenomena El Nino. Berdasarkan prediksi BMKG, lanjut Anne Ratna Mustika, wilayah Jawa Barat, mencakup Purwakarta akan terkena dampak dari musim kemarau yang berat dan berpotensi mengalami peningkatan resiko bencana.

"Dengan indikator-indikator yang mengarah kepada fenomena El Nino yang akan terjadi mulai Juni-Juli ini, maka kita akan menghadapi resiko bencana alam seperti kebakaran hutan dan lahan," ujar Anne.

Baca juga: 793 Titik Panas Terdeteksi di Sumsel, Gubernur Minta Bantuan BNPB

Anne menjelaskan, wilayah di Kabupaten Purwakarta yang memiliki potensi kebakaran hutan dan lahan berjumlah 165 desa. "Data dari BPBD menyebutkan dalam dua tahun terakhir, sejak tahun 2022 hingga Juni 2023 ini, telah terjadi 26 kali kejadian karhutla,"Jelasnya

Untuk Kabupaten Purwakarta, total jumlah relawan Destana dan Redkar mencapai 2.196 orang. Mereka tersebar di 183 desa dan 9 kelurahan di 17 kecamatan seluruh Purwakarta.

Data dari DPKP, tahun 2022, kebakaran yang menyerang kawasan hutan, perkebunan dan lahan mencapai 22 kali. Di mana jumlah total luas areal yang terbakar mencapai 17, 26 hektare.

Dari jumlah itu, kebakaran terluas terjadi di kawasan yang masuk Kecamatan Bungursari yang mencapai 11,8 hektare. Sementara jumlah luasan hutan yang ada di Purwakarta, berdasarkan data yang dikutip dari website Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Purwakarta sesuai Surat Keputusan Direksi Perum Perhutani Nomor : 903/KPTS/DIR/2013 tanggal 30 Agustus 2013 tentang Pembagian Kawasan Hutan Pada KPH Purwakarta adalah seluas 60.609,83 Hektare. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat