visitaaponce.com

Kapal Tanker Pengangkut 2 Ribu Ton Pertaline Terbakar di Perairan Taboneo Kalsel

Kapal Tanker Pengangkut 2 Ribu Ton Pertaline Terbakar di Perairan Taboneo Kalsel
Kapal Tanker terbakar di perairan Taboneo, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan(MI/Denny Susanto Ainan)

KAPAL tanker bermuatan 2.000 ton pertaline milik PT Armada Samudra Global bernama SPOB Ratu Yamani terbakar di perairan Taboneo, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan pada Rabu (12/7) petang. Sebanyak 12 orang awak kapal berhasil diselamatkan Tim SAR dan KRI Escolar 871.

"Kemarin petang telah terjadi peristiwa kapal terbakar SPOB Ratu Yamani dengan rute Kotabaru – Pertamina Banjarmasin di Perairan Taboneo, Tanah Laut. Untuk ABK berjumlah 12 orang telah dievakuasi oleh kapal KRI Escolar 871 dalam keadaan selamat," kata Kepala Kantor Pencarian
dan Pertolongan Banjarmasin, Al Amrad, Kamis (13/7).

Namun kondisi kapal tanker yang mengangkut minyak tersebut masih terbakar. Ditambahkan Al Amrad, Basarnas Banjarmasin mengerahkan KN SAR Laksmana 241 untuk membantu pedamaman kobaran api di kapal bersama dua unit kapal TB MBP.

Baca juga: DPR Minta Kasus Kapal Super Tanker Iran Berisi BBM Ilegal Rp4,6 Triliun Dikawal Tuntas

Informasi sementara terjadi ledakan di bagian forecasele haluan kapal. "Kobaran api baru berhasil dipadamkan pada malam hari. Setelah proses pendinginan para awak kapal tanker SPOB Ratu Yamani dengan captain kapal Amir Mahmud kembali ke kapal," tutur Jahrudin, Kapten KN SAR Laksmana 241.

Saat ini dua crew kapal SPOB Ratu Yamani yaitu kapten Kapal Amir Mahmud dan Guntur Susanto (KKM) telah dibawa ke Dermaga SAR Basirih untuk dimintai keterangan oleh pihak KSOP Banjarmasin.

"Penyebab kebaran belum diketahui dan masih dalam penyelidikan. Berdasarkan keterangan kapten kapal terjadi ledakan di bagian haluan kapal," kata Kasubag Umum dan Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Deni Hendra Mulyadi.

Baca juga: Kronologi Bakamla Tangkap Kapal Tanker BBM Ilegal Senilai Rp4,6 Triliun di Natuna

Posisi kapal terbakar di perairan Taboneo pada koordinat 03.40'928"S/114.28 <11428>'255 E.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, juga tidak ada dampak pencemaran lingkungan, serta dampak terhadap muatan minyak kapal SPOB Ratu Yamani," kata Deni.

Sebanyak lima kapal dikerahkan dalam operasi pemadaman kebakaran yaitu dua kapal MBP 3205, MBP Tegar dan Hanoman 5, serta Tagboat Pertamina. Sedangkan evakuasi dibantu kapal KSOP KNP 522, Basarnas, KRI ESCHOLAR 871 dan Pelindo. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat