visitaaponce.com

Komoditas Mete di Flotim Diserang Hama Ulat Putih

Komoditas Mete di Flotim Diserang Hama Ulat Putih
Hama ulat putih yang menyerang petani jambu Mete di Kabupaten Flores Timur(Dok. Metro TV)

WILAYAH Kabupaten Flores Timur, mulai kewalahan menghadapi hama ulat putih yang menyerang ratusan tanaman jambu mete. Serangan hama ini mempengaruhi hasil produksi panen jambu mente petani pun ikut merosot. 

Menurut Sekretaris Desa Blapanawa, Yohanes Tobi doren menuturkan saat ini petani tengah melakukan aktifitas pembersihan tanaman komoditi perkebunan. Baik kemiri dan jambu mete yang merupakan hasil unggulan petani di desa ini.

Namun, sejak tahun 2019 hingga saat ini potensi produksi jambu mete mengalami penurunan yang sangat drastis akibat serangan hama ulat putih. Hama ini menggerogoti bunga jambu mete.

Baca juga: Warga Resah, Hama Kera Rusak Tanaman Petani Tambun Raya Simalungun

Sehingga, pucuk bunga jambu mete menjadi kering sehingga tidak dapat menghasilkan buah banyak dibandingkan dengan kondisi normal.

Kondisi kekeringan bunga jambu mete ini juga dipengaruhi oleh situasi iklim. Apalagi saat ini telah masuk masa kemarau dengan intensitas panas matahari tinggi.

Baca juga: Puluhan Hektare Tanaman Jagung di Flotim Diserang Hama Ulat Grayak

Olehnya, Yohanes berharap adanya kerjasama dan pendampingan teknis dari para penyuluh pertanian sehingga dapat membantu petani mete di desanya agar dapat mengurangi persoalan hama ulat putih. Apalagi, hama ini telah mewabah di tengah kebun petani mete. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat