visitaaponce.com

Pelaku UMKM Harus Paham Perlindungan Kekayaan Intelektual

Pelaku UMKM Harus Paham Perlindungan Kekayaan Intelektual
Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham Min Ushien (tengah) didampingi Kakanwil Kemenkumham Jabar, R Andika Dwi Prasetya.(dok .Kanwil Kemenkumham Jabar))

KANTOR Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Barat  menggelar Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) di Kota Bandung, 4-5 Agustus dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-78

Hadirnya MIC ini untuk memberikan pemahaman lebih mengenai perlindungan hak kekayaan intelektual (HAKI), serta mendorong
pengembangan potensi kreativitas pelaku ekonomi kreatif di Jabar.

"Acara ini berfokus pada para pemuda dan pelaku ekonomi kreatif di Jabar khususnya di Kota Bandung, untuk mendorong terciptanya lingkungan yang kreatif, inovatif dan berdaya saing," kata  kata h Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian  Hukum dan HAM, Min Ushien di Bandung, Sabtu (5/8).

baca juga: BPDPKS Buka Lomba Riset Sawit untuk Mahasiswa

Menurut Min Ushien dengan mendaftarkan merek dagangan, para pelaku UMKM akan mendapatkan perlindungan hukum. Di samping perlindungan, tentunya ada nilai ekonomi yang didapatkan dengan nilai suatu ciptaan kreatif yang akan meningkat dan memiliki daya jual lebih tinggi. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian, bukan hanya bagi UMKM, tapi juga pendapatan bagi daerahnya.

"Hingga saat ini sudah mulai banyak para pelaku UMKM yang sadar tentang pentingnya perlindungan hukum atas kekayaan intelektual. Tiap tahun semakin meningkat pelaku UMKM khususnya di Jabar. Kini tercatat ada 36.671 kekayaan intelektual yang sudah didaftarkan di tahun 2022 , kita berharap ada peningkatan di tahun ini, minimal 17 persen," terangnya.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Jabar, Andi Taletting Langi mengatakan MIC adalah rangkaian kegiatan bertema kekayaan intelektual
yang bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai perlindungan kekayaan intelektual, serta mendorong pengembangan potensi kreativitas di bidang tersebut.

"Rangkaian acara MIC berjalan dengan lancar dan mendapat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Jabar, berikut adalah beberapa highlight dari acara Mobile Intellectual, property clinic. Live music menampilkan komunitas pengamen jalanan memberikan hiburan musik yang menyenangkan bagi pengunjung selama acara berlangsung," ucapnya. (N-1)

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat